09/04/2010 | Oleh: Harian Kompas Edisi Kamis, 8 April 2010

7 PROFESI IDAMAN DI MASA DEPAN

Sepuluh tahun yang lalu, profesi seperti web desain, animator, hingga pengusaha voucher pulsa belum terpikirkan. Kini, profesi-profesi tersebut berkembang dengan pesat. Pertanyaannya, profesi baru apalagi yang akan tercipta di masa depan?

Banyak yang belum menyadari bahwa ada beberapa jurusan kuliah yang kurang diminati, padahal berprospek cerah di masa depan. Berikut adalah beberapa jurusan tersebut :

1. Desain
Berkat Orang-orang yang kreatif dan jeli melihat peluang, berbagai macam profesi yang baru dapat tercipta. Ketika masuk ke dalam industri kreatif,semua aspek akan berkembang.Melalui tangan-tangan orang seperti inilah desain-desain mobil, sepatu, hingga alat kesehatan tercipta.

“Di sini, orang-orang dari Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Esa Unggul dengan jurusan Desain Produk (Desain Industri) akan berperan besar. Melalui tangan-tangan merekalah desain-desain mobil, sepatu, hingga alat kesehatan dapat tercipta,” jelas Ir. Holiq Raus, IAP, Vice Rector For Student Affairs Universitas Esa Unggul.

Sementara itu,Prof Dr Singgih D Gunarsa, ketua pembina yayasan Tarumanagara pun mulai menjadi jurusan yang banyak peminat. Bayangkan saja, semua produk apa pun, sebelum menjadi bentuk, tentu membutuhkan proses desain terlebih dahulu.

2. Teknis
Sekarang biasanya jurusan-jurusan yang mengarahkan mahasiswanya menjadi karyawan kurang diminati. Sebab, mahasiswa ingin bercita-cita langsung menjadi bos. Imbasnya, jurusan-jurusan seperti teknik industri dan elektro pun agak kurang diminati setiap tahunnya. Padahal, selama ada perkembangan pembangunan di mana-mana,lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan.

3. ICT   
Jurusan sistem komputer memiliki prospek baik di masa depan, tetapi sayang peminatnya masih kurang karena dianggap sebagai ilmu yang sulit.

Padahal jurusan ini tak terlalu sulit dan sangat menjanjikan karena mereka akan belajar mengembangkan hardware-hardware yang berkaitan dengan ICT (Information, Communication, and Technology). Contohnya pada pengembangan gadget dan jaringan telekomunikasi.

Menariknya, lulusan jurusan ini pun akan memiliki ilmu software dan hardware. Alat-alat seperti askes control, finger print, merupakan hasil karya jurusan ini. Untuk dirumah, mereka dapat menciptakan sistem keamanan, mengontrol penggunaan lampu, dan penggunaan AC dengan suhu otomatis.

Selain itu, jurusan teknik informatika pun patut dilirik karena merekalah yang bertugas mengembangkan aplikasi untuk hardware. Contohnya, dulu orang dikantor hanya menggunakan aplikasi office.

Kini,Kebutuhan semakin spesifik dan berkembang. Pengembangan konten pun akan menjadi pangsa pasar yang potensial. Pasar GAME pun membutuhkan lulusan jurusan ini.

4. Bahasa dan Komunikas
Para lulusan sastra memiliki banyak peluang untuk berkarir baik di perusahaan asing maupun instansi negara karena keahlian yang mereka miliki itu unik dan khas seperti di bidang penulisan buku, sebagai negoisator transaksi bisnis dengan pihak asing, ataupun staf konsulat di berbagai kedutaan besar,dan jurusan ini sangat menjanjikan apalagi dengan terbukanya perdagangan bebas dunia, Indonesia semakin membutuhkan ahli-ahli di bidang komunikasi.

5. Planologi
Dikarenakan sebagian besar orang akan hidup di daerah kota, perencanaan kota yang baik mutlak dibutuhkan. Di sini jurusan planologi akan sangat berguna dalam mengatasi masalah perkotaan dan lingkungan.

kini, perumahan biasa/landed house semakin mahal harganya dan pasar akan beralih kepada apartemen. Proses pembangunan wajib mematuhi ketentuan pemerintah tentang tata ruang kota perencanaan kota yang baik. Disinilah lulusan planologi memegang peranan penting di bidang untuk memberikan nasihat kepada pengembang dalam skala makro. Hingga saat ini, peminat jurusan ini tetap eksis dan mencatat pertambahan pelamar setiap tahunnya. 

6. Kesehatan dan Pendidikan
Peminat dijurusan kesehatan akan semakin meningkat. Apalagi Kecenderungan orang kini tak hanya butuh kesehatan, tetapi mereka butuh kualitas dari kesehatan. Oleh sebab itu jurusan Kesehatan dan Pendidikan harus berkembang dan jurusan farmasi pun akan semakin maju dengan ilmu herbalnya.

Dari segi pendidikan, profesi guru pun semakin menjanjikan. Apalagi bentuk-bentuk pendidikan yang khusus, misalnya menjadi pengajar anak penyandang autisme.

7. Bisnis
Jurusan bisnis dipercaya akan berkembang di masa depan. Apalagi melihat semangat kewirausahaan yang semakin tumbuh di Indonesia. Namun, tentu tak sembarang bisnis yang dapat sukses.

Menurut Mertilus Sulistio Rusli, Ph.D. Dean, PPM School of Management, pebisnis yang dapat menjadi agen perubahan akan berhasil di masa depan. Selain itu, merekapun dapat melakukan hal yang strategis, integrative, dan bermoral luhur.

Oleh sebab itu, PPM memiliki tiga program bagi peserta didiknya yaitu MM Wijawiyata manajemen, MM Eksekutif Muda, dan MM Eksekutif. PPM juga memiliki nilai unik pada pembentukan mahasiswa menjadi pembelajar mandiri, memaksimalkan kekuatan utama mereka dan melakukan kerja praktik di perusahaan sekaligus menjadi junior konsultan.

Beberapa profesi diatas merupakan sedikit gambaran sekaligus pembuktian bahwa tak selamanya jurusan yang kurang popular tak berprospek. Sekarang, tinggal bagaimana caranya menjadi generasi yang memiliki ilmu unik dan tentu kreatif.