15/06/2010 | Oleh:

Laptop Dari Masa ke Masa

Laptop atau sering juga disebut Notebook sekarang ini jamak kita jumpai disetiap sudut aspek  kehidupan manusia. Mulai dari alasan kebutuhan kerja sampai ke alasan hiburan, laptop selalu hadir. Saat ini sudah banyak yang menggunakan laptop untuk membantu kesehariannya. sifatnya yang mudah dibawa ke mana saja hal  inilah yang membuat laptop banyak digemari. Namun tidak banyak di antara para penggunanya yang mengetahui sejarah dari laptop itu sendiri. Sebelum laptop secara teknik diperkenalkan, ide tentang komputer yang mudah dipindahkan telah dikemukakan oleh Alan Kay. Hal ini terlihat pada konsep Dynabook yang dikembangkan oleh Xerox PARC (Palo Alto Research Centre) pada awal tahun 1970-an. Konsep ini merupakan pengembangan dari prototype Alto yang juga dilakukan oleh Xerox PARC.

Komputer portable pertama yang dipasarkan secara komersial adalah Osborne 1, yang dikembangkan pada tahun 1981. komputer ini merupakan komputer pertama yang dapat dibawa kemana saja walaupun saat menggunakannya kita harus menghubungkannya dengan listrik rumah. Dengan layar CRT yang tipis berukuran 5” dan berat 23,5 pound (12 kg), komputer ini menggunakan CP/M Operating System dan dilengkapi dengan CPU 4 MHz Z80, memory utama 65 kilobyte, dan floppy disk drive.

Pada 1983 Compaq mengeluarkan produk pertamanya yang juga cukup sukses, yaitu Compaq Portable. Produk ini merupakan komputer kloning IBM, karena pada saat itu IBM merupakan program standar untuk semua komputer. Komputer ini lebih mudah dibawa jika dibandingkan dengan Osborne 1 karena lebih ringan. Sistim operasi yang digunakan sama dengan Osborne 1, yaitu CP/M OS. Selain itu komputer ini juga menjalankan program Ms-DOS.

Komputer lain yang juga dikeluarkan pada tahun ini adalah Epson HX-20. Produk ini sebenarnya mulai dikembangkan pada tahun 1981, namun peluncurannya baru dilaksanakan pada tahun 1983. Komputer yang masuk dalam kategori handheld computer ini menggunakan keyboard penuh dengan 68 kunci, baterai nickel cadmium (NiCD) yang dapat diisi ulang, layar LCD dot-matrix dengan resolusi 120 x 32 pixel. Layar ini mampu menampilkan 4 baris kalimat dengan masing-masing baris berisi 20 karakter. Selain itu juga terdapat Ms-BASIC dan RAM sebesar 16 kibibyte yang dapat diperbesar menjadi 32 kibibyte.

Di tengah-tengah pengembangan Epson HX-20, pada bulan April 1982, GRID Compas 1101 yang didesain oleh Bill Moggridge mengawali perdebatan mengenai laptop. Komputer ini dilengkapi dengan prosesor Intel 8086, layar CGA dengan resolusi 320 x 200 pixel, modem dengan kecepatan 1200 bit per detik, dan sistem operasi GRID-OS. Namun sepanjang tahun 1980-an, komputer ini digunakan oleh NASA. Pada tahun 1983 barulah dikeluarkan Gavilan, komputer pertama yang diberi nama laptop, dengan model yang sama dengan GRID Compas 1101.
GRID Compas 1101Gavilan
Pada tahun 1995, Microsoft menjadi pemegang kendali penuh sistem operasi dengan diperkenalkannya Windows 95, yang ternyata sangat cocok dengan prosesor Intel Pentium dan ROM pada notebook.

Macintosh Portable menjadi produk Apple pertama yang menyuguhkan kemampuan Macintosh desktop dalam bentuk portable PC. Mac portable ini mempunyai berat yang cukup “merepotkan” yaitu seberat 7,16 Kg, dengan baterai besar (acid batteries) yang mendorong power untuk portable PC ini. Macintosh mempunyai spesifikasi sebagai berikut, 16 MHz CPU, dan 1Mb RAM yang dapat ditingkatkan sampai 9 Mb. Apple seperti biasa tak ubahnya seperti sekarang, Macintosh portable-nya dibandrol dengan harga $6,500, sangat mahal untuk ukuran laptop jaman sekarang. Keyboardnya didesain cukup nyaman untuk traveller, dan baterainya pun dapat bertahan cukup lama, hingga 12 jam. Mac Portable dibekali dengan 1.44 MB floppy disk drive.
 Thinkpad 560 diyakini banyak orang sebagai pioneer untuk era laptop modern dengan ukurannya yang cukup pas, 12 inch dan full-size keyboard. Mengawali laptop tipis yang hanya berukuran tebal 3cm dan berat yang hanya 1,8 Kg. Thinkpad 560 dibekali dengan 8MB RAM, cukup tangguh dan terdepan untuk ukuran di masanya. Tidak hanya itu, laptop ini juga dilengkapi 810 MB of memory dan 1.44 MB external floppy hard drive. Sayangnya ada satu kelemahan besar pada Thinkpad 560, yaitu kapasitas baterainya yang terbilang kecil, hanya mampu memepertahankan laptop ini selama 2 jam dalam pemakaian standar. Walaupun begitu, Thinkpad 560 termasuk yang terbaik di masanya, dilengkapi dengan CD drive dan integrated microphone.
 Compaq Evo N800c memiliki layar LCD 15.1 inch yang menjadikannya portable paling sempurna untuk pelajar saat debut di tahun-tahun pertamanya. Fitur yang dibawanya adalah 256 MB DDR SDRAM, 60 GB Hard Drive, dan 2x 2.0 USB ports. Desainernya mengemukakan betapa tipis dan ringannya laptop ini dengan support teknologi dan grafik yang mengagumkan. Dengan berat hampir 3 Kg cukup nyaman dibawa bepergian karena ketahanan baterai yang lumayan, yaitu 4 jam dengan 8-cell lithium Ion-battery. Evo N800c pun dibandrol dengan harga yang wajar dan sempat menjadi laptop favorit di kalangan pelajar dan mahasiswa.
CEO Apple Steve Jobs memperkenalkan Macbook Air, Apple dengan bangga menyatakan Macbook Air sebagai laptop paling tipis yang pernah ada. Dengan ketipisan dan ringannya laptop ini, bukan berarti Macbook Air tidak ada isinya sama sekali, justru Apple memasoknya dengan berbagai fitur dan aplikasi yang sangat atraktif dan menarik. Macbook Air menyuguhkan display 13.3 inch dengan widescreen LED backlit display beresolusi 1280×800 yang berkekuatan Intel Core 2 Duo chip. Macbook Air memiliki berat hanya 3Kg dan ketebalan yang cukup mencengangkan, hanya 1,9cm. Menggunakan 2GB RAM, Air mampu bertahan sampai 3 jam. walaupun hanya menyertakan sebuah USB port, Macbook Air di-label dengan harga $1,799.
Hingga saat ini perkembangan laptop terus berinovasi dan berevolusi. Produsen-produsen Notebook  seluruh dunia berlomba-lomba untuk menghasilkan produk-produk laptop yang semakin canggih teknologinya dan semakin ringan bobotnya, dengan harga yang bersaing tentunya. Sebut saja Sony, Hawlett-Packard (HP), ASUS, Dell, Samsung, Acer, Toshiba, Compaq, tak terkecuali Macbook Air yang menjadi fenomena baru di era sekarang ini.
Notebook Beda dengan Netbook

Orang banyak bingung tentang perbedaan antara Notebook dengan Netbook. Selain perbedaan nama, keduanya memang mempunyai banyak perbedaan.  Notebook pasti tidak asing lagi kita dengar, Notebook itu ialah Laptop. Nah kalo Netbook? Pada Dasarnya bentuk dan fungsinya hampir sama saja antar Notebook dan Netbook, hanya saja Netbook sangat Portable da n sangat cocok untuk keperluan komputasi yang ringan, dengan ukuran yang sangat kecil dibandingkan Notebook.

Sedikit sejarah Netbook, Awalnya Netbook dikeluarkan oleh Asus yaitu asus ee PC, namun sekarang sangat beragam merk Netbook.Perbedaan yang paling menonjol (kasatmata) adalah ukurannya yang lebih kecil dengan bobot yang lebih ringan. Cocok untuk internetan dan aplikasi yang tidak begitu berat, Netbook tidak mempunyai Drive optic seperti yang terdapat pada Notebook untuk memutar CD/ DVD, Batterai Netbook lebih tahan dibandingkan Notebook (Netbook Acer  Aspire One baterainya bisa tahan sampai 8 jam) Dan perbedaan lainnya adalah pada harga.**dari berbagai sumber**