23/03/2011 | Oleh: Pos Belitung / Rabu, 22 Maret 2011

POS BELITUNG: DISTAMBEN SIAP JADI SAKSI, DUA PEKERJA CAFE KABUR, PERTAMBANGAN TIMAH SALAH URUS, PULAU LENGKUAS AKAN DIBANGUN, TOKOH BELITUNG MENOLAK, KNPI DUKUNG, BELITUNG MENDAPAT RP 100 M LEBIH

Kasus penambangan mangan masih berada di halaman muka Pos Belitung. Kali ini diangkat dengan judul “Distamben Siap Jadi Saksi”. Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Belitung Timur mengatakan bahwa pihaknya siap menjadi saksi ahli terkait teknis dan perizinan pertambangan mangan dalam kasus penambangan mangan ilegal di Desa Lintang, Kecamatan Simpang renggiang yang terungkap pada, Jumat (18/3) pekan lalu.

Kasus Trafficking semakin menyeruak saja. Kali ini kembali naik cetak di halaman muka Pos Belitung dengan judul “Dua Pekerja Cafe Kabur”. Dn (55) pemilik tempat hiburan malam di kawasan Kebun Jeruk, Air Raya, Tanjungpandan, berurusan dengan hukum. Ef (15), gadis asal Bandung, Jawa Barat ini melaporkan Dn ke Polsek Tanjungpandan pada, Kamis (17/3) lalu, atas dugaan tindak pidana perdagangan manusia (trafficking).

Pertambangan di Bangka Belitung dinilai salah urus. Bahkan disinyalir terjadi pelanggaran terhadap hak azasi manusia (HAM). Begitulah yang dikatakan Nurcholis, Wakil Komisi Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) saat melakukan kunjungan kerja ke Bangka Belitung atas undangan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) beberapa waktu lalu. Berita ini dimuat Pos Belitung dengan judul “Pertambangan Timah Salah Urus”.

Beberapa berita menarik lain yang dimuat Pos Belitung edisi Rabu 23 Maret 2011 ini antara lain:

Mengenai pariwisata, lebih jelasnya berkaitan dengan akan diselenggarakannya Sail Wakatobi-Belitung 2011. Kucuran dana sebesar 10 miliar oleh Kementerian Pekerjaan Umun (PU), akan dimanfaatkan untuk membangun berbagai sarana pendukung acara tersebut. Salah satunya Pulau Lengkuas. Berita ini naik cetak dengan judul “Pulau Lengkuas Akan Dibangun”.

Kemudian mengenai pro-kontra rencana pembangunan PLTN dan Dolphin Island pun masih menyita banyak perhatian masyarakat. Masing-masing diangkat dengan judul “Tokoh Belitung Menolak, KNPI Dukung” dan untuk berita mengenai Dolphin Island berjudul  “Bukan Kuantitas, Tapi Kualitas”.

Ada juga berita mengenai proyek pembangunan jalan di Kabupaten Belitung yang akan mendapat kucuran dana. Berita ini dimuat dengan judul “Belitung Mendapat Rp 100 M Lebih”.