15/08/2011 | Oleh: Pos Belitung

Pos Belitung: Ukur Ulang Arah Kiblat, Bangunan Masjid tak Perlu Berubah, Meninggal Diserempet Truk “Yogi Sempat Digendong ke Rumah”.

“Ukur Ulang Arah Kiblat” : Merujuk hukum Islam, menghadap arah kiblat dalam melaksanakan shalat adalah wajib, bahwa menjadi salah satu syarat sahnya shalat sebagaimana kesepakatan jumhur ulama.  Kiblat adalah arah yang wajib bagi umat Muslim saat menunaikan ibadah shalat, maka sejumlah pihak meminta adanya sertifikasi dilakukan terhadap seluruh masjid di Bangka Belitung, untuk menambah keyakinan dan kekhusukan dalam beribadah.

“Bangunan Masjid tak Perlu Berubah” : Untuk menghindari pergeseran dalam menentukan arah kiblat harus berhati-hati, jangan sampai mengakibatkan kesalahan yang fatal. Yang harus dilakukan masyarakat  jika ada masjid atau mushala terjadi pergeseran alangkah baiknya di perbaiki arah kiblatnya dan tidak merobohkan atau mengubah struktur bangunan, hanya cukup menggeser shaf atau sajadahnya saja.

“Meninggal Diserempet Truk “Yogi Sempat Digendong ke Rumah” : yogi diserepet sebuah truk yang meluncur dari arah Gantung menuju Manggar. Kasatlantas Polres Beltim AKP Kaya Simatupang, mengatakan untuk sementara mengatakan, hasil pemeriksaan diketahui pengemudi truk diduga memacu kendaraan dalam kecepatan yang tinggi. Ketika hendak mendahului anak-anak yang sedang bersepeda, truk yangd ikendarai Iwan saat itu diduga menyerempet korban yang sedang bersepeda.