Senin, 25 April 2011 09:06

Disbudpar Gelar Sosialisasi Kampong Sadar Wisata 2011

Sosialisasi Kampong Sadar Wisata 2011, merupakan kegiatan untuk mengajak masyarakat mengembangkan potensi desa dalam mendukung kegiatan Sail Wakatobi – Belitung 2011. Kegiatan ini dibuka oleh Sekda Kabupaten Belitung Drs. Abdul Fatah, M.Si yang dihadiri oleh Anggota DPRD dari Komisi III Kabupaten Belitung, Kepala Disbudpar Drs. H. Jasagung Haryadi, M.Si, Kepala Badan PMPDPKB Suharyanto, S.AP, Kepala Dinkes Dr. Wiryati Husin   Kepala DPPKAD Drs. Sarfani Syamsudin, Ak,MM,  Camat Sijuk Adnizar, SH, Kades Terong dan Kepala Dusun  serta tokoh-tokoh masyarakat Terong, Tanjung Binga dan Keciput. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 April 2011 di Lapangan Golf Bebute.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten  Belitung mengajak masyarakat untuk dapat mempromosikan keunggulan wisata dari masing-masing desa serta mendorong wirausaha masyarakat dalam mengembangkan produk unggulan. Bukti seriusnya pemerintah  dalam mengembangkan pariwisata adalah dengan melakukan pelebaran jalan Tanjungpandan - Tanjungtinggi  sepanjang ±30 Km yang diharapkan bisa selesai sebelum dilaksanakannya kegiatan Sail Wakatobi – Belitong 2011. Pembangunan lain yang telah dilakukan adalah pembangunan lapangan golf di kawasaan Lor – In Tanjungtinggi.

Tujuan dari Sosialisasi Kampong Sadar Wisata adalah mengenalkan jenis wisata dan mengenalkan gaya hidup penduduk lokal. Meningkatkan tanggung jawab masyarakat dalam menjaga lingkungan, mengajak masyarakat berperan aktif dalam pariwisata, mendorong wirausaha masyarakat lokal dan mengembangkan produk kampong wisata. Unsur – unsur lain yang menjadi bahan pertimbangan pembangunan kampong sadar wisata adalah :
1. Daya tarik yang dimiliki.
2. Mengembangkan kelembagaan dan SDM.
3. Dukungan masyarakat.
4. Sarana Pembangunan.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung