Senin, 25 April 2011 10:11

Upacara Adat Maras Taun

Selat Nasik, Minggu 24 April 2011 - Upacara adat Maras Taun yang diselenggarakan di lapangan Tanah Timbun Kecamatan Selat Nasik pada Minggu, 24 April 2011 berlangsung meriah. Adapun Gubernur kepulauan Bangka Belitung, Eko Maulana Ali turut menghadiri acara adat tahunan ini. Sebanyak 12 penari yang diperagakan oleh siswa-sisiwi SMP Negeri Selat Nasik menyambut kedatangan orang nomor satu di Bangka Belitung ini dengan lenggak-lenggok yang fasih dan nyaris sempurna. Tak ketinggalan segenap jajaran Muspida minus bapak Bupati Belitung ikut menghadiri acara yang memang banyak ditunggu-tunggu masyarakat dari segenap kalangan ini.

Acara berlangsung khidmat dan banyak dari masyarakat yang ikut andil dalam pelaksanaan juga kelancaran acara ini. Lapangan Tanah Timbun ramai namun tertib. Terlihat ada empat (4) buah stan yang memuat berbagai informasi dan kekhasan Pulau Selat Nasik didirikan di sisi lapangan. Lumayan banyak pengunjung yang ikut melihat-lihat stan tersebut. Tak terkecuali bapak Gubernur juga jajaran Muspida lainnya.

Poin menarik yang menjadi perhatian khusus dari Gubernur pada saat acara berlangsung. Diantaranya, ketertarikan beliau akan lagu Maras Taun ciptaan Sofwan yang menurutnya perlu dilestarikan bahkan diadakan perlombaan untuk menggubah lagu tersebut. Suasana kebersamaan dan kekeluargaan sangat terasa pada acara ini. Tak kalah serunya ketika Gubernur selesai memotong Lepat Besar yang menjadi simbol dalam upacara ini. Seketika masyarakat beramai-ramai berebutan lepat kecil yang memang telah disediakan oleh penyelenggara. Ramai sekali dan suasana semakin seru juga hangat.

Acara ditutup sekitar pukul 11.00 WIB dengan digelarnya pelelangan tiga (3) ekor ikan hasil dari lomba maemancing yang telah diadakan sebelumnya. Total harga ikan setelah pelelangan mencapai Rp.2.500.000,- dengan Gubernur sebagai pemenang tunggal. Penuh canda disana. Masyarakat pun ikut terhibur dalam acara pelelangan ini. Dimana Bapak Wakil upati Belitung, H.Sahani Saleh, S.sos dan beberapa rekan lainnya juga turut mengikuti proses lelang. Terlihat sikap hangat, ramah dan kekeluargaan yang ditunjukkan para pejabat Pemerintah Daerah Belitung terhadap masyarakat Selat Nasik. Acaranya pun selesai dengan senyum menghiasi wajah tiap-tiap pengunjung yang datang. (Verry).
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung