Senin, 2 Mei 2011 04:56

Coral Day 2011 Belitung

Coral Day 2011, Satu Hari untuk Terumbu Karang, demikian nama dan gerakan ini. Coral Day atau Indonesia for Coral Day merupakan sebuah gerakan untuk menyelamatkan terumbu karang. Coral Day diharapkan menjadi gerakan lingkungan untuk membangkitkan kecintaan dan aksi nyata dalam usaha penyelamatan terumbu karang. Dengan Coral Day diharapkan kekayaan terumbu karang Indonesia dapat terselamatkan. Demikian sambutan dari ketua panitia Budi Setiawan.  Puncak acara ini dilaksanakan di Pantai Tanjung Kelayang dan Pulau Kepayang dengan tema “ Save Coral... Save The Island...”. selain di Kabupaten Belitung, acara ini juga dilaksanakan serentak di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, dan Kepulauan Seribu.

Dalam acara Coral Day yang dihadiri oleh Gubernur Bangka-Belitung, Dirjen Kehutanan, Dirjen Kelautan, Ketua DPRD Babel, Bupati Belitung, Bupati Bangka Barat, Bangka Selatan, serta unsur muspida propensi maupun muspida daerah. Dalam sambutannya, Gubernur Bangka-Belitung mengajak masyarakat untuk saling menjaga kelestarian laut.

Pada sambutannya, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein menyampaikan bahwa Kabupaten Belitung telah diatur dalam zona-zona, salah satunya adalah zona pariwisata. Dengan adanya kegiatan Coral Day ini diharapkan penyelamatan terumbu karang adalah bagian dari penyelamatan pulau – pulau yang ada dari abrasi garis pantai.

Acara ini diisi dengan kegiatan utama adalah transplantasi karang oleh 100 orang penyelam, adopsi karang, dan pemasangan baliho apung untuk penandaan kebun karang. Selain itu, beberapa kegiatan tambahan lain pun digelar, seperti pendidikan sumber daya laut bagi anak sekolah, upacara adat, pelepasan tukik (penyu), festival layang-layang, dan pembentukan wilayah konservasi terumbu karang di Belitung. Dalam acara ini juga digelar pelelangan meja terumbu karang dan tukik (penyu) dan pemindahan sarang tukik  oleh Bupati Belitung ke  tempat rehabilitasi.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung