Selasa, 3 Mei 2011 09:06

GUBERNUR BABEL RESMIKAN RS ALMAH

Tanjungpandan---Rumah Sakit Almah yang memiliki moto “layani dengan senyum, bekerja secara professional” kini siap beroperasi melayani masyarakat Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Kesiapan RS Almah yang berlokasi di Dusun Perawas, Desa Buluh Tumbang, Tanjungpandan, tak jauh dari Bandara HAS Hanandjoedin untuk mulai beroperasi ditandai dengan peresmian Rumah Sakit oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung H Eko Maulana Ali pada Senin, 2 Mei 2011.

Peresmian rumah sakit dengan fasilitas 60 tempat tidur dengan gedung seluas 3.375 meter persegi diatas lahan seluas 6.619 meter persegi ini ditandai dengan raungan sirine dari mobil ambulan dan mobil jenazah serta penandatangan prasasti oleh Gubernur Babel didampingi Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, Presiden Komisaris PT Uni Bros Mandiri Hidayat Arsani serta para undangan lainnya.

Gubernur Babel H Eko Maulana Ali dalam sambutannya mengatakan, hadirnya Rumah Sakit Almah di Kabupaten Belitung membuat ia merasa bangga. Ia bangga memiliki putra daerah yang sangat peduli dengan pembangunan daerahnya, bahkan rumah sakit Almah Belitung ini merupakan bangunan kesekian kalinya yang diresmikan atas karya Hidayat Arsani.

Sementara Bupati Belitung mengatakan, “Ia mengacungkan jempol atas jerih payah yang dilakukan hidayat Arsani yang tidak main-main dalam perkataannya karena begitu berniat mendirikan rumah sakit, dalam waktu yang tidak begitu lama, rumah sakit tersebut menjadi kenyataan”, ujar Darmansyah.

Keseriusan Presiden Komisaris PT Uni Bros Mandiri Hidayat Arsani membangun RS Almah dilatar belakangi kepeduliannya melihat fakta di lapangan adanya ketergantungan masyarakat dan pemerintah dengan rumah sakit yang ada di luar Belitung. Maka rumah sakit ini menjadi sangat penting untuk membantu masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan secara berkelanjutan. Ia miris melihat Pulau Belitong yang memiliki panorama alam yang indah dan banyak berdirinya hotel-hotel megah namun tidak didukung oleh sarana dan prasarana kesehatan yang memadai.

Direktur Utama Rumah Sakit Almah Sudirman dr Waluyo dalam sambutannya mengatakan, pendirian rumah sakit ini pada umumnya ditujukan untuk membangun sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan untuk mewujudkan CSR dari PT Seirama Tin Industri (STI), dimana tujuan akhirnya adalah untuk mengurangi ketergantungan masyarakat dan pemerintah terhadap pelayanan rumah sakit di luar Kabupaten Belitung. Dengan kata lain membantu pemerintah di dalam program pemenuhan sarana dan prasarana kesehatan”, jelas Waluyo, seperti dipaparkan Harian Pos Belitung, edisi Selasa, 3 Mei 2011.

Rumah Sakit Almah sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan seperti halnya ruang labolatorium, ruang radiologi, ruang operasi, ruang ICU, NICU dan PICU, poliklinik dan UGD. Setiap ruangan dilengkapi dengan fasilitas AC ditunjang dengan adanya beberapa dokter besar diantaranya ahli penyakit dalam, ahli kandungan, ahli bedah dan ahli anak. Adapun dokter tambahan diantaranya poli umum, poli keluarga, poli kulit, poli THT, ahli radiologi, anastesia serta ahli laboratorium.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung