Selasa, 10 Mei 2011 09:58

PADAT KARYA PRODUKTIF DUSUN REJOMULYO

Membalong—Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Padat Karya Produktif Program Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja (PPKK) Kabupaten Belitung Tahun 2011 di Dusun Rejomulyo, Desa Membalong, Kecamatan Membalong .

Dalam laporannya pada pembukaan kegiatan Padat Karya Produktif yang berlangsung Senin, 9 Mei 2011, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung Sumardi, S.Pd mengatakan, kegiatan Padat Karya Produktif Pembukaan Lahan Pertanian Jagung dan Cabai merupakan salah satu bentuk kegiatan padat karya yang dilaksanakan Pemkab Belitung untuk memperluas kesempatan kerja di pedesaan. Sekaligus merangsang masyarakat untuk lebih giat lagi mengolah lahan produktif, sehingga tidak ada lagi lahan potensial yang dibiarkan terlantar.

Sebelumnya pada tahun lalu padat karya penanaman jagung dan cabe juga telah dilaksanakan di Dusun Rejosari. Penanaman kacang, jagung dan sayur mayur juga dilakukan di Desa Kacang Butor, yang mana di desa ini memang sudah ada penanaman sayur bayur, sehingga ada pengembangan untuk lahan yang kosong.

Ditambahkan Sumardi, sasaran kegiatan ini adalah untuk menyerap tenaga kerja penganggur, setengah penganggur dan masyarakat kurang mampu agar tersedianya kesempatan kerja atau usaha bagi tenaga kerja pengangguran / setengah pengangguran melalui usaha kegiatan  produktif sistem padat karya, meningkatkan pendapatan masyarakat dan menggerakan perekonomian daerah.

Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 9 mei s.d 6 juni 2011 (25 hari) ini menyerap tenaga kerja sebanyak 67 orang dengan luas lahan 4 ha, masing-masing kelompok usaha diberikan bantuan sarana dan modal usaha kurang lebih sebesar 1 juta rupiah yang direncanakan akan dipergunakan untuk usaha pembuatan olahan hasil penanaman jagung.

“Harapan kami pengolahan lahan tidur akan berkesinambungan sehingga menjadi lahan produktif yang dapat dijadikan sumber pendapatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya, khususnya masyarakat di Dusun Rejomulyo,” kata Sumardi mengakhiri sambutannya.

Sementara Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya yang diawali dengan penyerahan alat pekerja secara simbolis dan  dilanjutkan dengan pencangkulan pertama di lokasi lahan mengatakan, “ Saya ingin Belitung bebas dari pengangguran, kalau ada yang nganggur, tolong laporkan pada pihak terkait, sama-sama kita manfaatkan, jangan sampai ada lahan yang nganggur. Pergunakan lahan yang ada, mari kita produktifkan, dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tolong diperhatikan betul, dapat bantuan dana, jangan diboros-boroskan, karena dana ini tidak selamanya ada, jadi manfaatkan diinvestasikan, intinya jangan sampai ada yang nganggur di desa ini” ajak Bupati.

Selanjutnya Bupati juga menyinggung bidang kesehatan, terkait program Jaminan Kesehatan Belitung (JKB) sebagai program pelayanan kesehatan gratis yang dapat dipergunakan bagi warga kurang mampu. Terkait bidang pendidikan, Bupati menghimbau agar anak-anak semuanya bisa bersekolah, “Tolong kalau ada anak yang tidak mau sekolah, laporkan kepada Pak Camat”, karena sekarang sekolah sudah gratis, ada program beasiswa berprestasi dan untuik keluarga tidak mampu, jadi pergunakan dengan sebaik mungkin. Karena tidak ada cara lain untuk meningkatkan martabat bangsa ini selain melalui Pendidikan yang didukung dengan semangat untuk senantiasa meningkatkan nilia-nilai keagamaan.

Apalagi sekarang ini belum tentu SDA kita akan terus ada, tapi jika anak-anak kita pintar bisa kemana aja. Pemerintah dari waktu ke waktu pun terus berupaya untuk membuka lapangan kerja baru untuk memperluas kesempatan kerja, sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Diakhir sambutannya tak lupa Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya atas partisipasi masyarakat, khususnya warga Rejosari dalam menyukseskan program padat karya produktif.

Turut hadir dalam acara, Unsur Muspida, Camat Membalong Warsito, S.Ag, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan KB Suharyanto, S.AP, Kades Membalong Guntur, S.Ip, Kepala Dusun Rejosari, Kabag Humas Setda Edy Suprapto, SH, segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung, masyarakat Dusun Rejosari beserta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung