Kamis, 12 Mei 2011 09:28

84,7 Hektar Kebun Kelapa Sawit resmi di lepas PT Rabinmas Jaya untuk Desa Air Batu Buding

Tanjungpandan--- Sebagai perusahaan senior PT Rabinmas Jaya yang bergerak di perkebunan kelapa sawit ini memiliki apresiasi yang sangat tinggi pada masyarakat sekitar. Hal ini telah dibuktikan oleh PT Rabinmas Jaya dengan bersedia melepas dan menyerahkan kebun kelapa sawit di luar HGU seluas ±84,7 hektar kepada Desa Air Batu Buding melalui Koperasi Sumber Rezeki Desa Air Batu Buding bertempat di halaman Kantor Desa Air Buding 12 April 2011.

Pelepasan dan penyerahan kebun disertai kesepakatan plasma, bahwa hasil produksi kebun yang dilepas tetap akan ditampung oleh PT Rebinmas Jaya. Selain itu PT Rebinmas Jaya, pada kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan dana CSR sebesar 100 juta untuk kepentingan masyarakat Desa Air Batu Buding khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Air Batu Buding melaporkan ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan untuk menyambut acara ini salah satunya pada tanggal 11 Januari 2011 Desa Air Batu Buding resmi membentuk koperasi yang dinamakan Koperasi Sumber Rezeki.

Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh Ssos dalam sambutannya berharap kerjasama antara PT Rebinmas Jaya dengan Koperasi Sumber Rezeki dan Desa Air Batu Buding dapat berjalan dengan baik sehingga pada saatnya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Air Batu Buding. Pada Koperasi Sumber Rezeki Desa Air Batu Buding dihimbau agar mengelola kebun kelapa sawit dengan baik sesuai dengan standar PT Rebinmas Jaya sehingga dapat menghasilkan buah seperti yang diharapkan. Serta untuk Desa Air Batu Buding yang nantinya akan mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dari hasil kebun plasma ini, diharapkan untuk mengawasi pengelolaan kebun dan memanfaatkan pendapatannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, H Datuk Ramli Sutanegara selaku Direktur PT Rebinmas Jaya mengatakan bahwa ia sangat berapresiasi pada masyarakat Desa Air Batu Buding yang telah dapat menyelesaikan masalahnya secara musyawarah. Datuk berharap dengan penyerahan kebun kelapa sawit ini dapat menjadi awal hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat ataupun dengan pemerintahan daerah setempat.

Adapun yang hadir dalam acara yaitu Ketua DPRD Kab Belitung Andi Saparudin lanna SH, Wakil Ketua DPRD Junaidi Haminte, Kapolres Belitung Dian Harianto,anggota DPRD Kab Belitung,Kasat Pol PP Kab Belitung Rinier Sip,Kadin Pertanian dan Kehutanan Ir Arpani, staff PT Rebinmas Jaya,Kelompok Masyarakan Sumber Rezeki,perwakilan dari Bank Mandiri Syariah serta para undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung