Jum'at, 20 Mei 2011 09:56

PEMKAB BELITUNG GELAR PENERTIBAN TEMPAT HIBURAN MALAM

Tanjungpandan---Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung bersama jajaran Polres Belitung dan unsur Dinas terkait (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan PM) pada Rabu malam, 18 Mei 2011 melakukan penertiban tempat hiburan malam.

Tim Penertiban yang telah dibentuk melalui Keputusan Bupati Belitung Nomor: 188.45/124.KEP/POL.PP/2011, tanggal 28 Januari 2011 memulai kegiatan penertiban sekitar pukul 21.00 WIB s.d 02.00 WIB di wilayah Desa Air Merbau yakni, Cafe “Bintang Malam“ di Jl. Asam Lubang, Cafe “Alam Indah” di Jl. Alam Indah, Cafe “Prima“ di Jl. Sijuk dan Cafe “Happy“ di Jl. Padat Karya.

Hasil temuan penertiban di lapangan yang dilaksanakan sesuai program kerja kegiatan penertiban atas pelanggaran Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Belitung terhadap legalitas kegiatan usaha, menemukan beberapa pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan diantaranya, tidak adanya kelengkapan perizinan secara lengkap sesuai dengan aturan yang telah ditentukan untuk jenis usaha tersebut. Ketidaklengkapan tersebut menyangkut masa berlaku HO telah habis, HO masih dalam proses penerbitan dan tidak memiliki SIUP Pariwisata sementara kegiatan terus berjalan/beroperasi.

Selanjutnya Surat Izin Tempat Usaha (SITU) yang dikeluarkan Dinas terkait pada umumnya berjudul rumah makanan dan minuman namun fakta di lapangan ternyata tidak menjual makanan dan minuman disertai menu yang disajikan, tetapi menjual minuman beralkohol disertai pelayan wanita (waiters) yang berpakaian mini.

Khusus di Cafe “Prima” yang merangkap tempat penginapan, tim menemukan 2 (dua) pasang muda mudi berinisial MHD dan DB, GS dan NR serta 1 (satu) pasang orang dewasa berinisial BSR dan NNG (berstatus duda dan janda) sedang berada di dalam kamar yang bukan pasangan suami istri dan terindikasi akan melakukan perbuatan asusila.

Tindak lanjut dari hasil penemuan pelanggaran ini, Kasat Pol.PP Kabupaten Belitung beserta Kabag Operasional Polres Belitung melakukan pengarahan dan penjelasan kepada pemilik dan penanggungjawab tempat usaha hiburan atas pelanggaran yang telah dilakukan dan selanjutnya tim melakukan “penyegelan” untuk menutup sementara kegiatan operasional tempat hiburan (Cafe “Bintang Malam”, Cafe “Alam Indah” dan Cafe “Happy”) sampai dengan proses perizinannya lengkap. Sedangkan untuk 3 (tiga) pasangan yang tertangkap di penginapan “Prima” langsung diamankan di Sat. Pol PP untuk dilakukaan interogasi, pembuatan BAP dan dikembalikan kepada pihak keluarganya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung