Jum'at, 20 Mei 2011 09:57

WABUP RESMIKAN DESA IBUL

Badau --- Sesuai dari keinginan dan prakarsa masyarakat Ibul untuk memiliki desa sendiri, akhirnya Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung merespon serta memfasilitasi pemekaran yang diharapkan masyarakat Desa Ibul. Rabu (18/5), Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh S.Sos secara langsung meresmikan Desa Ibul sebagai desa baru hasil pemekaran dari Desa Badau, Kecamatan Badau bertempat di Balai Desa Ibul.

Dalam pemekaran yang berdasar pada amanat Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 1 Tahun 2011, selain Desa Ibul, pemekaran ini juga terjadi di beberapa desa lainnya di Kabupaten Belitung diantaranya pembentukan Desa Pelepak Pute dan Desa Tanjong Tinggi di Kecamatan Sijuk, Desa Ibul di Kecamatan Badau, Desa Aik Pelempang Jaya, Desa Aik Ketekok dan Desa Aik Rayak di Kecamatan Tanjungpandan.

Wakil Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan tujuan dari pemekaran ini bukanlah untuk memunculkan penguasa-penguasa baru di desa dengan hak otonomnya masing-masing. ”Pembentukan desa baru ini betul-betul dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat Desa Ibul, bukan justru menciptakan persoalan baru. Dukunglah Penjabat Kepala Desa dalam melaksanakan tugasnya, jadikanlah Desa Ibul ini sebagai desa yang maju, mandiri, dan sejahtera” ungkap Wakil Bupati.

Tidak lupa, dalam sambutannya juga Wakil Bupati mengucapkan selamat kepada Sdr. Sumartono yang telah ditunjuk menjadi Pejabat Kepala Desa Ibul. Wakil Bupati berharap dengan ditunjuknya Sdr Sumartono sebagai Kepala Desa Ibul dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan keputusan Bupati Belitung Nomor: 141/020/KEP/I/ 2011 tanggal 6 Mei 2011, yakni (1) Melaksanakan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa; (2) Melaksanakan Proses Pembentukan Badan Permusyawaratan Desa (BPD); dan (3) Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Definitif.

Acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Belitung  Drs H. Abdul Fatah M.Si, perwakilan dari Kapolres Belitung, perwakilan dari Dandim 0414 Tanjungpandan, perwakilan Lanud Tanjungpandan, para Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Belitung, Camat Badau, Kepala Desa Badau, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama serta para undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung