Jum'at, 20 Mei 2011 09:58

AIK RAYA DAN AIK KETEKOK RESMI MENJADI DESA BARU

Tanjungpandan --- Setelah peresmian perdana pemekaran desa di Desa Ibul, Rabu (18/5) kemarin, hari ini Jum’at (20/5) Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein meresmikan secara langsung wilayah Aik Raya dan Aik Ketekok menjadi desa baru yang masuk daftar desa di Tanjungpandan bertempat di Kantor Kepala Desa Perawas.

Dalam Pemekaran Desa Aik Raya yang akan dipimpin oleh Sdr. Sudarsah A.Md selaku Kepala Desa ini sebagai hasil dari pemekaran Desa Perawas. Sedangkan pemekaran Desa Aik Ketekok yang akan dipimpin oleh Sdr Oscar Prima S.STP juga selaku Kepala Desa ini merupakan hasil pemekaran dari Desa Air Merbau. Sama halnya dengan Desa Ibul yang berawal dari keinginan dan prakarsa masyarakat Aik Raya dan Aik Ketekok untuk memiliki desa sendiri, pemerintah desa induk bersama dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten hanya dapat merespon serta memfasilitasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku.

Sementara itu Bupati dalam sambutannya mengatakan pemekaran ini ditujukan agar masyarakat bisa lebih mandiri dalam mengelola desanya masing-masing. Karena diharapkan dengan lebih baiknya kemandirian desa-desa yang ada di Tanjungpandan ini, 10 tahun kedepan Tanjungpandan menjadi kotamadya. Maka dari itu Bupati menghimbau kepada seluruh pejabat Kepala Desa baik yang baru dilantik ataupun yang telah lama menjabat dapat mengerjakan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga tidak menutup kemungkinan keberhasilan yang di raih dapat membawanya ke tingkat yang lebih tinggi di jajaran pemerintahan.

Adapun turut hadir dalam acara yakni Sekretaris Daerah Kab. Belitung Drs H. Abdul Fatah M.Si, Wakil Bupati Sahani Saleh S.Sos, Unsur Muspida, perangkat Desa Aik raya dan Aik Ketekok, tokoh masyarakat, para alim ulama, para undangan serta masyarakat desa.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung