Selasa, 24 Mei 2011 10:15

SYAHRIZAL DILANTIK KADES SIJUK

Sijuk---“ Terdapat tiga faktor penting yang menentukan keberhasilan pembangunan desa. Pertama, dukungan masyarakat terhadap Kepala Desa. Dukungan ini penting, karena kewajiban membangun desa merupakan kewajiban kolektif seluruh komponen masyarakat desa, karena tanpa dukungan dari seluruh komponen masyarakat, keberhasilan pembangunan desa sulit untuk diwujudkan. Wujudnya bisa dilakukan mulai dari kegiatan gotong royong memelihara kebersihan desa, sampai dengan pengembangan potensi ekonomi dan seni budaya”,  jelas Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya pada Acara Pelantikan Kepala Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk yang berlangsung pada Selasa, 24 Mei 2011 di Pantai Pendaunan Indah Desa Sijuk.

“ Kedua, kerjasama yang baik antar lembaga dan elemen yang ada di desa, baik antara Kepala Desa dengan BPD dan LPM, maupun antar Kepala Desa dengan Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Dusun, Ketua RW, dan Ketua RT. Kerjasama ini penting dijalin dengan baik dan harmonis, karena kepemimpinan pemerintahan merupakan kepemimpinan kolektif yang satu sama lain harus saling menunjang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah diatur perundang-undangan “, tambah Wabup.

Selanjutnya Ketiga, adanya kreatifitas dan inovasi Kepala Desa dalam memanfaatkaan potensi dan sumber daya yang ada di Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui Usaha Ekonomi Produktif berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Diakhir sambutannya Wabup menghimbau masyarakat Desa Sijuk agar dapat menjadi tuan rumah yang baik serta mampu menangkap peluang yang ada untuk memajukan perekonomian dan pariwisata di Kecamatan Sijuk menyongsong pelaksanaan Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011 yang akan berlangsung pada Bulan Oktober mendatang.

Syahrizal resmi dilantik oleh Wabup selaku Kepala Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk untuk periode 2011- 2017 menggantikan Zaidar, SH sebagai Kepala Desa Sijuk periode 2006-2011.

Pada penghujung acara pelantikan Kades, berlangsung penyerahan penghargaan pemenang Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kecamatan Sijuk Tahun 2011. Untuk juara umum lomba desa tingkat Kecamatan Desa diraih Desa Air Seruk.

Turut hadir dalam acara Asisten 1 Bidang Pemerintahan B. Maiya Hasibuan, SH, unsur Muspida, Kepala Dinas/Badan/Kantor/Bagian atau yang mewakili, Camat Sijuk Adnizar, SH, masyarakat sekitar dan undangan lainnya.

PEMENANG GELAR TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG)
KECAMATAN SIJUK TAHUN 2011

TINGKAT PENDIDIKAN SMP

NO.      NAMA                      UTUSAN             JENIS/JUDUL TTG                
I.        Christine Novita, dkk  SMPN 1 Sijuk  Alarm Pendeteksi Angin Puting Belitung

II.       Werdiyanto, dkk        SMPN 1 Sijuk  Alarm Pendeteksi Kenaikan Air Laut Akibat Pemanasan Global

III.      Alifia Miranda, dkk      SMPN 1 Sijuk  Pemanfaatan Belimbing Wuluh sebagai Sumber Energi Listrik



TINGKAT PENDIDIKAN SMA
NO.   NAMA                                     UTUSAN          JENIS/JUDUL TTG          
I.     Chairunnisa Suci Insani, dkk  SMAN 1 Sijuk  Media Tanam dari Akar Kelapa

II.    Mulya, dkk                         SMAN 1 Sijuk  Pupuk Organik dari species Sapi

III.   Nyoman Krisna Merita, dkk    SMAN 1 Sijuk  Pupuk Organik dan Urine Sapi


TINGKAT PENDIDIKAN UMUM
NO.  NAMA                          UTUSAN                   JENIS/JUDUL TTG  
I.     Liliyana, dkk                  PKK Desa Batu Itam  Media Tanam dari Akar Kelapa

II.    Muhammad Yunus, dkk  Desa Sijuk                Pemanfaatan Akar Simpor Air sebagai Pengontrol Kadar PH Air

III.   Djahim                         Desa Batu Itam         Pembuatan Arang Kayu

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung