Rabu, 25 Mei 2011 09:24

PENGAMBILAN SUMPAH PNS DI LINGKUNGAN PEMKAB BELITUNG

Tanjungpandan--- sebanyak 172 orang PNS di Lingkungan Pemkab Belitung yang terdiri dari Golongan II dengan rincian tenaga medis sebanyak 59 orang, tenaga teknis sebanyak 24 orang dan tenaga guru sebanyak 25 orang. Sedangkan untuk Golongan III dengan rincian tenaga medis sebanyak 9 orang, tenaga teknis sebanyak 21 orang dan tenaga guru sebanyak 34 orang dari berbagai Dinas dan Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dikukuhkan dan diambil sumpahnya oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada Rabu, 25 Mei 2011 di Gedung Serba Guna, Pemkab Belitung.

Acara pengambilan sumpah PNS untuk formasi CPNS Tahun 2008 yang mengusung tema “ Aparatur yang bertaqwakepada Tuhan Yang Maha Esa penuh pengabdian dalam pelaksanaan tugas”  berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. Sebelum acara dimulai para peserta yang dalam kesempatan ini diwajibkan untuk memakai seragam korpri tampak ramai memadati Gedung Serba Guna untuk mengikuti acara gladi bersih. Para peserta tampak rapi berjejer diatur berdasarkan deretan keyakinan agama yang dianut masing-masing peserta.

Dalam sambutannya yang disampaikan seusai acara pengucapan sumpah PNS dan penandatangan berita acara pengambilan sumpah PNS, Bupati mengatakan pada momentum yang baik ini, perlu saya sampaikan kembali sebuah pandangan klasik yang menyatakan bahwa birokrasi hakekatnya adalah tangan dan kaki suatu badan yang bernama negara.  Sedangkan Negara hakekatnya adalah sekelompok orang yang diberikan mandat oleh rakyat untuk mengurus kepentingan publik. Oleh sebab itu, sejatinya negara mesti menyelenggarakan pelayanan publik berdasarkan kebutuhan publik itu sendiri.

Selanjutnya Bupati juga menambahkan beberapa catatan penting terkait pembangunan di Kabupaten Belitung, mencakup bidang pendidikan, kesehatan dan pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap adanya peningkatan standar kualitas pelayanan birokrasi dari berbagai bidang. Apalagi pemerintah dalam Road Map Birokrasi 2010-2025 bertekad mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bebas KKN dengan birokrasi pemerintah yang profesional, berintegritas tinggi, serta menjadi pelayan masyarakat dan abdi negara.

“ Untuk itu, saya harapkan kepada saudara-saudara yang baru diambil sumpahnya sebagai PNS agar dapat bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku, menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan kedisiplinan. Jadikanlah kesempatan menjadi abdi masyarakat dan negara ini sebagai wahana yang akan membuat diri kita menjadi indivindu yang lebih baik dari waktu yang lalu. Lebih cerdas, lebih tangguh, lebih cekatan, lebih terampil dan pastinya lebih disiplin”, pesan Darmansyah.

Acara yang turut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Belitung Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Asisten I Bidang pemerintahan B. Maiya Hasibuan, SH, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Karyadi Sahminan, SE, M.AP, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs Harry Taruna, para Kadin/Kaban/Kakan/Kabag atau yang mewakili serta segenap undangan lainnya ditutup dengan  prosesi pemberian ucapan selamat kepada masing-masing PNS yang baru saja diambil sumpahnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung