Selasa, 31 Mei 2011 07:11

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN KEPALA DESA TERONG

Terong, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein mengambil sumpah dan melantik Suhaimi menjadi Kepala Desa Terong Periode 2011-2017. Acara yang digelar di Lapangan Golf Bebute 26 Mei 2011 dihadiri oleh Sekda Kab. Belitung Drs. H Abdul Fatah, M.Si, Dandim 0414, WakaPolres Belitung, Danlanud Tg. Pandan, Anggota DPRD Belitung, SKPD Kab. Belitung, Camat Sijuk, Kades se Kec. Sijuk, Tokoh Masyarakat serta para Undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung mengucapkan terima kasih kepada Sdr. Alfian, yang telah menyumbangkan pikiran dan kerjasama selama menjabat Kades Terong periode 2006-2011. Terdapat tiga faktor penting yang menentukan keberhasilan pembangunan desa. Pertama, dukungan masyarakat terhadap Kepala Desa. Dukungan ini penting, karena kewajiban membangun desa merupakan kewajiban kolektif seluruh komponen masyarakat desa, karena tanpa dukungan dari seluruh komponen masyarakat, keberhasilan pembangunan desa sulit untuk diwujudkan. Wujudnya bisa dilakukan mulai dari kegiatan gotong royong memelihara kebersihan desa, sampai dengan pengembangan potensi ekonomi dan seni budaya”,

“ Kedua, kerjasama yang baik antar lembaga dan elemen yang ada di desa, baik antara Kepala Desa dengan BPD dan LPM, maupun antar Kepala Desa dengan Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Dusun, Ketua RW, dan Ketua RT. Kerjasama ini penting dijalin dengan baik dan harmonis, karena kepemimpinan pemerintahan merupakan kepemimpinan kolektif yang satu sama lain harus saling menunjang sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang telah diatur perundang-undangan “, tambah Bupati.

Selanjutnya Ketiga, adanya kreatifitas dan inovasi Kepala Desa dalam memanfaatkaan potensi dan sumber daya yang ada di Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui Usaha Ekonomi Produktif berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Diakhir sambutannya Bupati, menghimbau masyarakat Desa Terong agar dapat menjadi tuan rumah yang baik serta mampu menangkap peluang yang ada untuk memajukan perekonomian dan pariwisata di Kecamatan Sijuk menyongsong pelaksanaan Sail Wakatobi-Belitong tahun 2011 yang akan berlangsung pada Bulan Oktober mendatang. Mengingat Desa Terong merupakan salah satu kolidor pariwisata, Bupati mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Terong yang telah berpartisipasi dalam pembangunan perlebaran jalan sejauh ± 30 Km.
 


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung