Rabu, 8 Juni 2011 03:14

EVALUASI LOMBA DESA DAN KELURAHAN PROVINSI BABEL

Perpat 7 Juni 2011, Tim penilai perlombaan Desa se-Babel mengunjungi Desa Perpat. Perlombaan Desa se-Babel adalah merupakan salah satu program pemerintah yang dituangkan dalam Permendagri No. 13 Tahun 2007, yang bertujuan untuk menjalin kerjasama antara Pemerintah Desa dengan Masyarakat. Desa Perpat ditunjuk Pemerintah Belitung mewakili Belitung dalam perlombaan desa se-Babel.

Dalam sambutannya, Kades Perpat  mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Belitung yang telah menunjuk Desa Perpat untuk mewakili dalam perlombaan desa  se-Babel. Dan menyampaikan laporannya kepada Tim Penilaian, bahwa Desa Perpat mendapatkan penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM sebagai satu Desa Sadar Hukum, serta mendapatkan juara dalam lomba kelompok tani se-Babel yang diwakili oleh Kelompok Tani Sari Mulyo.

Bupati Belitung dalam sambutannya yang diwakili oleh Sekda Kab. Belitung Drs. Abdul Fatah, M.Si, pembangunan desa merupakan modal awal dari pencapaian pembangunan nasional. Desa Perpat menjadi sebagai salah satu desa pemenang lomba desa se-Kabupaten Belitung tahun 2011. Desa Perpat juga menjadi salah satu desa yang mensuplai kebutuhan beras di Kab. Belitung. Kriteria sebagai desa terbaik akan terus bertambah dengan kata lain setiap desa harus mampu bersaing dalam pembangunan sumber daya yang dimiliki. Salah satu untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan komunikasi dan kontribusi dari setiap perangkat desa dan masyarakat.

Kriteria-kriteria penilaian dalam lomba desa meliput bidang :
1.    Pemerintahan
2.    Kesehatan
3.    Pendidikan Masyarakat
4.    PKK
5.    Kelembagaan Masyarakat
6.    Partisipasi Masyarakat
7.    Ketertiban dan Keamanan

Dalam acara ini, di hadiri oleh Sekda Kab. Belitung Drs. Abdul Fatah, M.Si, Tim penilai perlombaan desa Tingkat Propinsi, Kepala BPMPPD Suharyanto, camat Membalong, Kades Se-Kecamatan Membalong, SKPD Kab. Belitung, Tokoh Masyarakat dan para undangan.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung