Rabu, 8 Juni 2011 09:25

Mansyur Lolos Jadi Finalis

Bank UOB Buana yang menaruh perhatian dan peduli pada perkembangan Seni Lukis Indonesia, menyelenggarakan kompetisi Seni Lukis Nasional untuk semua Warga Negara Indonesia. Sebanyak 1.800 karya lukisan dari 700 pelukis dari seluruh indonesia, hanya 53 lukisan terbaik yang akan dipamerkan dalam perayaan HUT DKI Jakarta, pada tanggal 22 juni 2011.

Hasil karya pelukis asal Belitung, Mansyur Mas'ud, menjadi salah satu finalis dalam Union Overseas Bank (UOB) Painting of The Year 2011. Dua lukisan yang diikutsertakan dalam event tersebut,  berjudul “Tanjungbinga” dan “Suku Sawang Meruwat Laut” (Muang Jong). Pembuatan lukisan ini menggunakan teknik lukisan cukil pahat.

Dalam penyelenggaraan Lomba lukis tingkat nasional yang bertema ‘Kesenian adalah Bagian Negeriku”, pelukis bukan hanya dituntut untuk bisa melukiskan sesuatu, tapi pelukis juga di tuntut untuk bisa menjelaskan berbagai hal yang berhubungan dengan lukisan.  Seperti yang disampaikan beliau “seorang pelukis itu bukan hanya seorang yang bisa menggambar. Perupa adalah seorang intelektual. Bagaimana intelektualitasnya itu, dia ungkapkan dengan bahasa visual, jadi lukisan atau gambar itu bisa bercerita. Lukisan itu tidak kosong. Ada pesan dibalik lukisan itu untuk disampaikan, punya nilai yang baik atau tidak”.

Mansyur Mas’ud menjadi satu satu finalis dari belitung yang berhasil masuk dalam babak final. Empat orang pelukis Indonesia akan diikutsertakan ke tingkat internasional di Singapura bersama pelukis dari berbagai negara.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung