Kamis, 9 Juni 2011 09:33

SAIL WAKATOBI-BELITONG 2011 RESMI DI LAUNCHING

Jakarta - Sail Wakatobi-Belitong 2011 (SWB) resmi dilaunching pada Selasa malam, 7 Juni 2011 oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pengarah Sail Wakatobi-Belitong 2011 dengan didampingi oleh Ketua Panitia Nasional Sail Wakatobi-Belitong yang juga sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammmad di gedung Minabahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Pelaksanaan Sail Wakatobi-Belitong ini merupakan upaya dari pemerintah pusat yang berkerjasama dengan pemerintah daerah guna mempercepat pembangunan daerah dimana dengan pelaksanaan event seperti ini bisa menarik investor asing sekaligus memperkenalkan beragam budaya dan potensi wisata yang dimiliki oleh wilayah tersebut dalam hal ini daerah Wakatobi dan Bangka Belitung, seperti dikatakan Menkokesra dalam konfrensi persnya dengan seluruh media nasional.

"Kegiatan atau event ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata yang kita miliki kepada wisatawan asing atau negara lain sehingga Wakatobi dan Bangka Belitung bisa menjadi destinasi wisata bertaraf internasional" ujar menkokesra.
Dalam kesempatan yang sama Fadel Muhammad mengatakan bahwa launching SWB ini merupakan media untuk menyebarluasan informasi perhelatan akbar bertaraf internasional SWB kepada masyarakat luas, baik didalam maupun diluar negeri.

"Pelaksanaan SWB 2011 dipusatkan di dua lokasi yakni, Wakatobi (Sulawesi Tenggara) dan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki empat tujuan yakni menggalang keterpaduan dalam pemanfaatan potensi daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadikan Wakatobi dan Belitong menjadi destinasi wisata nasional dan internasional, menciptakan the best sailing passage, dan yang terakhir menjadikan potensi KP Sulawesi Tenggara dan Bangka Belitong sebagai sumber penghidupan rakyat dan sumber pembangunan daerah yang berkelanjutan," jelas Fadel.

Ditambahkan lagi dalam SWB kali ini mengangkat tema "clean ocean for the future" dengan enam kegiatan utama, yaitu yacht rally and yacht race, operasi Bhakti Surya Baskara jaya, seminar nasional dan internasional, lintas nusantara remaja dan pemuda bahari, dan pameran UKM dan produk perikanan.

Pelaksanaan puncak acara SWB akan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Pantai Sombu, Wakatobi pada tanggal 23-29 Agustus 2011 dan pada tanggal 5-12 Oktober 2011 di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI. Kegiatan akan dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan, diantaranya yang unik adalah kegiatan catur bawah laut yang diharapkan dapat tercatat dalam gueness book record. Disamping menggelar beberapa kegiatan utama, sail kali ini juga akan menggelar beberapa kegiatan pendukung, seperti peresmian sekolah tinggi kelautan di Wakatobi, pernikahan masal bawah air, kejurnas selam, kejurnas layar, festival olahraga tradisional, bersih pantai dan laut, serta festival seni dan budaya tradisional.

Pelaksanaan  flag off sendiri sebagai awal pelaksanaan yacht rally and yacht race akan dilakukan di Darwin, Australia pada tanggal 23 Juli 2011 dan akan berkeliling ke 21 Kabupaten di Indonesia mulai dari Kupang atau Saumlaki dan keluar di Belitung atau Batam. " Kegiatan ini akan diikuti 200 peserta dan saat ini sebanyak 94 peserta dari 16 negara yang telah mendaftarkan diri", ungkap Fadel selaku Ketua Umum SWB merujuk Keppres No.9/2011 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan SWB 2011.

Turut hadir Dalam kegiatan Launching Sail Wakatobi-Belitong 2011, Menteri Kesehatan dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Soeparno, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Eko Maulana Ali, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Bupati Belitung Timur Basuri T Purnama, serta segenap unsur Muspida dan segenap anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Sulawesi Tenggara, insan pers dan undangan lainnya.
Diakhir acara kegiatan launching tersebut juga menampilkan beberapa tarian daerah baik tarian dari daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan tarian dari daerah Sulawesi Tenggara.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung