Rabu, 22 Juni 2011 08:50

PT. PLN ENJINIRING BAKAL BANGUN PLTGB DI KAWASAN KEK

Tanjungpandan---PT. Prima Layanan Nasional Enjiniring (PT.PLN Enjiniring) yang merupakan anak perusahaan dari PT. PLN (Persero) bakal membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas Batubara (PLTGB) di Kawasan KEK Kabupaten Belitung, hal ini seperti disampaikan Agus Darmadi dalam presentasinya di hadapan Bupati Belitung, Ir H Darmansyah Husein, pihak PLN Cabang Tanjungpandan dan segenap jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung pada Senin, 20 Juni 2011 di Ruang Rapat Bupati, Kantor Bupati Belitung.

PLTGB adalah pembangkit listrik yang peralatan utamanya terdiri dari sistem coal gasifier dan gas engine (PLTMG), sedangkan gas batubara merupakan suatu jenis synthetic gas yang dihasilkan oleh proses pirolisis batubara, dapat digunakan sebagai input energi primer pembnagkit listrik tipe gas engine.

Pembangunan PLTGB dapat dilaksanakan dalam waktu relatif lebih cepat dibandingkan PLTU Batubara, hal ini diharapkan dapat menurunkan pemakaian BBM secara signifikan pada PLTD konvesional yang tersebar di wilayah operasi Belitung. Disamping itu proses konversi energi pada PLTGB lebih ramah lingkungan dibandingkan PLTU.

Proyek PLTGB ini merupakan kelanjutan dari proyek skala kecil tersebar yang dicanangkan oleh ESDM-RI, proyek PLTGB Tanjungpandan sebanyak 5.000 kW ditetapkan atas dasar persetujuan Direksi PT PLN (Persero) No.086.K/KOMITE IPP/DIR/2010 dimana PT PLN Enjiring ditunjuk sebagai pengembangnya. Proyek ini diharapkan dapat mensuplai listrik pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sebesar 5.000 kW yang dicanangkan PEMDA BELITUNG.

Typical PLTGB 5.000 kW menggunakan fixed bed coal gasifier dengan konfigurasi instalansi PLTGB = 3 unit coal gasifier ?  reaktor @ 3,4 meter + 20 unit gas engine, luas tanah yang dibutuhkan 3,1 Ha (termasuk coal & waste yard), konsumsi batubara 4,8 t/jam (3.456 t/bln), hasil gasifer = 6.000 Nm3/jam/unit, nilai kalor gas = 1.450 kcal/Nm3, produksi listrik = 5.000 kW per jam dan efisiensi thermal PLTGB ? 21 %.

Setelah paparan ini dalam waktu dekat akan dilakukan peninjauan lokasi dengan tim dari Pemkab Belitung dengan pihak PT. Prima Layanan Nasional Enjiniring, direncanakan pengoperasiannya akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2012.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung