Senin, 27 Juni 2011 04:47

DESA PERPAT DAN KELURAHAN KOTA TERBAIK I SE-BABEL

TANJUNGPANDAN — Desa Perpat Kecamatan Membalong dan Kelurahan Kota Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, berhasil meraih prestasi sebagai desa dan kelurahan terbaik I se-Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2011.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Suharyanto, S.AP menjelaskan kepada www.belitungkab.go.id Rabu (22/6/2011), prestasi tersebut ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 188.44/261/SK/BPMPD/2011 tanggal 20 Juni 2011 tentang Pengukuhan Pemenang Perlombaan Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2011.

Dengan demikian, jelas Suharyanto, Desa Perpat dan Kelurahan Kota berhak mendapatkan hadian uang masing-masing seberar Rp 10 juta. Selain itu, Desa Perpat dan Kelurahan Kota berkak mewakili Propinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri pada Bulan Juli 2011 yang akan datang.

Prestasi ini juga diapastikan akan mengantarkan Kepala Desa Perpat Basirin dan Lurah Kota Subei S, bersama-sama dengan Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua LPM, dan Camat masing-masing, ke Jakarta pada Bulan Agustus 2011 mendatang. Selain menghadiri acara protokoler di beberapa kementerian, mereka juga akan diundang menghadiri kegiatan Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-66 di Istana Negara Jakarta.

Lomba Desa dan Kelurahan merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan. Lomba dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, propinsi, dan tingkat nasional. Penilaian difokuskan pada tingkat perkembangan desa dan kelurahan selama dua tahun terakhir, meliputi delapan indikator yaitu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

Pada Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2011 Kabupaten Belitung unggul atas Kabupaten Bangka Barat, Belitung Timur, Bangka Tengah, Bangka, dan Kota Pangkalpinang.

Berikut daftar pemenang Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2011, sebagaimana tercantum pada lampiran Keputusan Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 188.44/261/SK/BPMPD/2011 tanggal 20 Juni 2011.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung