Senin, 27 Juni 2011 10:12

PEMKAB BELITUNG TEKEN MoU DENGAN STAIN SAS

Tanjungpandan---Pemerintah Kabupaten Belitung mengadakan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Stain Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung terkait penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan jasa keprofesian untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh manfaat yang saling mengguntungkan dalam rangka Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung di bidang pendidikan.

Penandatangan MoU di lakukan pada Jum’at, 24 Juni 2011 di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung oleh Wakil Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos selaku pihak Pertama yang dalam kesempatan ini mewakili Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein yang berhalangan hadir, dan Prof. Dr. H. Imam Malik, M.Ag selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Provinsi Babel sebagai pihak Kedua.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan, Pemerintah Daerah mempunyai hak dan kewajiban untuk mengarahkan, membimbing, mengawasi, memberikan pelayanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi.

”Amanat dan ketentuan ini berangkat dari pemahaman bahwa pendidikan merupakan kebutuhan dasar manusia. Tanpa pendidikan yang baik manusia akan sulit untuk mengembangkan potensi dirinya, yang pada akhirnya akan berdampak pada lemahnya sumber daya manusia (SDM)”. Kata Sahani.

Penandatanganan kerjasama ini bertujuan untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki dalam rangka akselerasi pencapaian visi dan misi pendidikan Kabupaten Belitung. Ruang lingkup penyelenggaraan MoU meliputi, penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat dan jasa keprofesian serta pengembangan sumber daya manusia.

Dalam pelaksanaan MoU ini kedua belah pihak mempunyai tugas dan tanggung jawab secara bersama-sama untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan MoU, menyiapkan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, menyusun kegiatan-kegiatan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan dan melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan MoU.

Turut hadir dalam acara, Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si, Kadin Pendidikan Kabupaten Belitung Drs Rafeli, perwakilan DPRD Kabupaten Belitung serta segenap undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung