Selasa, 28 Juni 2011 22:21

75 CALON HAJI KAB. BELITUNG IKUTI MANASIK HAJI MASSAL

Tanjungpandan --- Sebanyak 75 orang Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Belitung yang akan melaksanakan ibadah Haji terlebih dahulu menyiapkan diri secara fisik dan mental, dengan mengikuti Bimbingan Manasik Haji Massal Calon Jemaah Haji Kabupaten Belitung Tahun 2011 M / 1432 H. Bimbingan ini dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung mulai tanggal 23 – 25 Juni 2011 bertempat di Gedung Wanita Tanjungpandan.

Dalam laporan kegiatannya, Drs H Imam Syafei selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung melaporkan peserta manasik haji berjumlah 75 orang terdiri dari 36 orang pria dan 39 orang wanita. Calon jemaah haji terdiri 47 orang dari Kecamatan Tanjungpandan, 16 orang dari Kecamatan Selat Nasik, 3 orang dari Kecamatan Sijuk,3 orang dari Kecamatan Membalong dan 6 orang dari Kecamatan Badau.

Beberapa materi yang akan disampaikan diantaranya tentang kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan haji; kebijakan pemerintah tentang kesehatan haji; traveling pelayanan ibadah haji, hak dan kewajiban jamaah; ilmu tauhid dan akhlakul karimah; keselamatan penerbangan dan kegiatan dalam pesawat; larangan selama dalam ihrom dan masalah DAM haji; syarat, rukun & wajib haji; pengenalan medan tempat-tempat ziarah dan adat istiadat bangsa arab; peragaan baju ihram; praktek tata cara urutan pelaksanaan ibadah haji, thowaf, sa’i, tahalul, wukuf, serta lontar jumroh. Adapun nara sumber pada bimbingan manasik haji yaitu H. Djamaluddin Zuhdi; dr. H. Ikhwan Gusnadi; Drs. H. Masdar Nawawi; H. Sutiman, BA; H. Ucu Sibromilsi, S.Ag; H. Rozali Dahri, BA; H. Muh Siroh, BA; H. Subki Sulaiman dan Drs. H. Arham Armuza, S.IP, M.Si.

“Ibadah haji adalah salah satu sarana kontemplasi, perjalanan bathin yang tidak bisa diukur dengan apapun. Kesempatan yang diberikan-Nya untuk menginjak rumah Allah mestinya bertitik pada perjuangan dan proses panjang kehidupan sebelum atau untuk
sampai kesana” berikut yang disampaikan oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein yang diwakili oleh Wakil Bupati H. Sahani Saleh S.Sos.

Sahani menghimbau agar para peserta tidak terjebak pada kekaguman terhadap hal yang bersifat fisik seperti Kota Mekkah dengan keagungan Ka’bah didalamnya dan tentunya dapat mempersiapkan diri secara mental, moral dan kesehatan fisik yang prima agar dapat menunaikan ibadah haji kelak dengan sebenar-benarnya.

Bimbingan Manasik Haji Massal di tutup pada hari sabtu tanggal 25 Juni 2011 oleh Bupati Belitung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs. H. Arham Armuza, S.IP, M.Si.

Sumber: Kementerian Agama Kabupaten Belitung