Selasa, 28 Juni 2011 22:23

UPAYA PEMERINTAH DAERAH DALAM PEMENUHAN HAK-HAK ANAK

Tanjungpandan --- Dalam rangka pemenuhan hak-hak asasi anak, Direktorat Kementerian Hukum dan HAM RI bekerjasama dengan International Organization for Migration (IOM) serta Pemerintah Kabupaten Belitung menyelenggarakan Diseminasi HAM bagi Aparatur Negara dan Masyarakat bertempat di Hotel Grand Pelangi, Selasa 28 Juni 2011.

Peserta yang berjumlah 40 orang ini meliputi seluruh tingkatan masyarakat di Kabupaten Belitung, dari mulai tokoh masyarakat, tokoh agama, guru, kepolisian, LSM dan sebagainya.

“Perlindungan anak merupakan suatu kewajiban untuk menjamin serta melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Dengan kata lain, anak harus mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebab menghormati dan melindungi hak asasi manusia adalah hak dasar yang bersifat kodrati dan universal” ucap Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada sambutannya. Darmansyah menambahkan bahwasanya kelemahan dan kepolosan dari seorang anak mestinya menjadi titik perhatian dan curahan kasih sayang untuk dididik dan dibimbing bukan untuk dieksploitasi. Terutama hak anak dalam mendapatkan pengajaran atau sekolah, hal ini merupakan tanggung jawab orang tua untuk mendukung anak bersekolah. Orang tua membutuhkan pemahaman yang sangat tinggi untuk mendorong anaknya bersekolah terutama khususnya di Kabupaten Belitung ini yang secara mayoritas banyak anak-anak masih memilih menjadi penambang dibandingkan bersekolah.

Acara yang berlangsung seharian penuh tersebut, diisi oleh 2 nara sumber yang memberikan materi diantaranya Bpk Agus Purwanto, SH. M.Si dan Drs Agoes Zadjuli. Materi meliputi tentang perlindungan anak dan Hak Asasi Manusia.

Adapun yang hadir dalam acara antara lain Drs Jusuf Hadi MM dari Direktorat Kementerian Hukum dan HAM RI, Kajari Tanjungpandan YS Wibowo, Ass I Bid Pemerintahan Maiya Hasibuan SH, Perwakilan dari Polres Belitung, SKPD di lingkungan Pemkab. Belitung serta para undangan lainnya.
Sumber: Direktorat Kementerian Hukum dan HAM RI