Sabtu, 2 Juli 2011 08:32

PERINGATAN HJKT KE-173, BUPATI AJAK MASYARAKAT WUJUDKAN TANJUNGPANDAN JADI KOTA BERTUAH

Tanjungpandan---Dalam rangka menyambut kemeriahan peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan ke-173, beragam kegiatan menarik mulai ramai di pertunjukan. Mulai dari kegiatan penyuluhan wisata, Lomba Senam SKJ 2008, ziarah ke makan KA Rahat, Pemilihan Bujang Dayang Belitong 2011, Lomba Hadrah, Peringatan Detik-Detik HJKT, Rapat Paripurna Istimewah HJKT, hingga beragam atraksi dan kesenian budaya lainnya.

Pelaksanaan kegiatan HJKT diawali dengan pelaksanaan Ziarah ke makam KA Rahat yang dilaksanakan Wakil Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos beserta segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung pada Jum’at, 24 Juni 2011. Momentum pelaksanakan ziarah ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud penghormatan kepada jasa dan perjuangan para pahlawan, apalagi Kota Tanjungpandan merupakan bagian integral perjuangan KA Rahad Depati Cakraningkat VIII dalam menyatukan Rakyat Belitung untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Kota Tanjungpandan menjadi pusat perjuangan, untuk menegakkan kedaulatan Belitung sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selanjutnya puncak peringatan HJKT berlangsung pada Kamis malam, 30 Juni 2011 yang ditandai dengan acara Final Malam Pemilihan Bujang Dayang Belitong 2011 sekitar pukul 19.30 WIB hingga Detik-Detik peringatan HJKT yang berlangsung tepat jam 00.00 WIB ditandai dengan bunyi raungan sirene dan semaraknya pancaran kembang api yang bertebaran menghiasi langit-langit pantai Tanjungpendam.

Peringatan HJKT berlanjut hingga pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa II Masa Persidangan II, DPRD Kabupaten Belitung yang berlangsung pada Jum’at, 1 Juli 2011 di Ruang Rapat DPRD yang turut dihadiri segenap anggota DPRD Kabupaten Belitung, Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, para Muspida, tokoh masyarakat, tokoh agama, insan pers dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein mengatakan, memasuki usianya yang ke-173, kondisi Kota Tanjungpandan sudah semakin baik. Hal ini ditandai dengan kemajuan pembangunan di segala bidang, salah satunya pusat kota dan kawasan pasar tradisional, yang semula terkesan kumuh dan semrawut, sudah tertata sedemikian rupa sehingga dapat menunjang Kota Tanjungpandan sebagai kota Bertuah. Fasilitas pelayanan dasar seperti sekolah, rumah sakit dan Puskesmas, juga terus diupayakan pembangunannya.

Di bidang kesehatan, secara konsisten dan sungguh-sungguh Pemerintah Daerah telah melaksanakan program Jaminan Kesehatan Masyarakat Belitung (JKMB). Bahkan, hingga tahun ini, sampai dengan Bulan Maret, Rumah Sakit Umum Tanjungpandan telah melayani 6.131 kasus rawat jalan serta 811 kasus rawat inap dan persalinan, dengan total klim sebesar Rp 754.751.050,00.

”Di bidang pendidikan, kita telah membebaskan biaya pendidikan mulai dari Sekolah Dasar hingga SLTA, dan 4 (empat) Sekolah Dasar kita berhasil masuk peringkat 10 besar ujian nasional SD se-Propinsi Bangka Belitung. Salah satu di antaranya menempati Peringkat Pertama, yaitu SD Negeri 3 Sijuk. Tiga SD lainnya menempati Peringkat Enam, Sembilan, dan Sepuluh, masing-masing SD Negeri 2 Sijuk, SD Negeri 1 Sijuk, dan SD Negeri 16 Tanjungpandan”, kata Darmansyah.

Dalam pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa (O2S) dan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, kita juga berhasil meraih prestasi yang membanggakan. Bahkan di tingkat nasional, salah satu dari puteri terbaik Belitung, Siti Humaeroh Ade Rahmad berhasil keluar sebagai Juara Ketiga kategori Hafiz 1 Juz.

”Beberapa waktu lalu Kabupaten Belitung juga melakukan penjajakan kerjasama dengan Kota Neuwied-Jerman di bidang pengolahan air, sampah, manajemen rumah sakit, pendidikan, industri dan pengembangan usaha kecil menengah. Minutes of Meeting kerjasama ini disaksikan langsung Dubes RI untuk Jerman dan telah memenuhi legalitas yang ditetapkan pemerintah pusat”, lanjut Bupati.

Melalui kesempatan ini, Bupati mengajak seluruh warga Kota Tanjungpandan beserta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Belitung, untuk bersama-sama meningkatkan kepedulian dan peran serta dalam mewujudkan Kota Tanjungpandan menjadi kota Bertuah, apalagi sebentar lagi Belitung akan menjadi tuan rumah Sail Wakatobi-Belitong Tahun 2011 yang akan digelar bulan Oktober mendatang

Bupati juga mengajak warga Tanjungpandan serta seluruh masyarakat Kabupaten Belitung, untuk menjadikan Peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan ke-173 sebagai momentum untuk mewujudkan Sapta Pesona, dalam rangka mendukung pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan Kabupaten Belitung. Dengan mewujudkan Sapta Pesona. Isya Allah, sektor pariwisata akan berkembang hingga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah. ”Mari dukung wujudkan Tanjungpandan menjadi Kota BERTUAH (Bersih, Elok, Ramah, Tertib, Ulet, Aman dan Harapan)”, ajak Bupati diakhir sambutannya.

Perhelatan peringatan HJKT tahun ini juga turut dimeriahkan kegiatan Nikah Massal yang dilangsungkan di Rumah Adat Belitong, bahkan kemeriahan lainnya akan terus berlangsung dengan hadirnya acara dan hiburan menarik lainnya, sala satunya Festival Marching Band.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung