Selasa, 5 Juli 2011 02:09

PELATIHAN TENAGA PEMBINA/PENGELOLA UKS TK. SEKOLAH MENENGAH KABUPATEN BELITUNG 2011

Tanjungpandan --- “Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan sehat yakni, dengan melaksanakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilaksanakan pada semua jenis dan jenjang pendidikan, termasuk madrasah. Karena, hidup sehat seperti yang didefinisikan oleh Badan Kesehatan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) World Health Organization (WHO) adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan social yang memungkinkan orang hidup produktif secara social dan ekonomi” papar Wakil Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos pada acara Pelatihan Tenaga Pembina/Pengelola UKS Tingkat Sekolah Menengah se-Kabupaten Belitung Tahun 2011 bertempat di Graha Resto, Senin 04 Juli 2011.

Sahani menambahkan “ tantangan lain tentang perilaku tidak sehat muncul dari peserta didik sendiri. Seperti misalnya mereka lebih menyukai menonton televise, bermain play station, yang akibatnya mereka rentan mengalami sakit dan beresiko terhadap berbagai penyakit degenerative di usia dini. Untuk itu diperlukan fasilitas jasmani atau olahraga memadai dan terprogram dengan baik, baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitar”.

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 pasal 45 tentang Kesehatan ditegaskan bahwa “Kesehatan Sekolah” diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungannya sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal sehingga diharapkan dapat menjadikan sumber daya manusia yang berkualitas.

Drs. Fari selaku ketua panitia melaporkan bahwa peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 45 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah Menengah se-Kabupaten Belitung. Acara yang berlangsung selama 4 hari ini dimulai  dari tanggal 4 Juli 2011 sampai 7 Juli 2011 untuk angkatan pertama dan tanggal 11 sampai tanggal 14 Juli 2011. Materi yang disampaikan meliputi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Belitung dalam Upaya Pengembangan dan Pembangunan UKS di sekolah, Manajemen Pembinaan dan Pengembangan UKS (struktur organisasi serta tugas dan fungsinya), Pemeliharaan Kesehatan dan Kebersihan Rohani Peserta Didik, Upaya Menggerakkan peran serta masyarakat dalam rangka terwujudnya PHBB, Kader Kesehatan Remaja (KKR) di Sekolah, Konseling Remaja, Pelayanan Kesehatan P3K, P3P dan UKGS, Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan IMS, Upaya pencegahan dan penanggulangan Narkoba serta Upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

Adapun yang hadir dalam acara, Ass II Bidang Ekonomi Pembangunan Karyadi Sahminan M.AP, perwakilan dari Kapolres Tanjungpandan, para nara sumber Abdul Hadi AMd, Ahyat AD S.Ap, Toba S.Pdi, Abdul Ghaffar S.Sos, Herman S.Pd, Sutawijaya M.Pd, dr Jubel TH Gultom, AKP Feri Arnadi dan Rosmada S.Ip beserta para undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung