Rabu, 6 Juli 2011 12:11

FRAKSI DPRD KABUPATEN BELITUNG SETUJUI RAPERDA KEUANGAN DESA

Tanjungpandan—Sebanyak 6 anggota DPRD Kabupaten Belitung yang mewakili masing-masing fraksi menyatakan persetujuannya untuk mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 10 Tahun 2007 tentang Keuangan Desa dalam Rapat Paripurna VII Masa Persidangan II DPRD Kabupaten Belitung Tahun Sidang 2011 dengan agenda Kata Akhir Fraksi DPRD Kabupaten Belitung terhadap Raperda tentang Perubahan Daerah Nomor 10 tahun 2007 tentang Keuangan Desa yang berlangsung pada Selasa, 5 Juli 2011 di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Belitung.

Persetujuan ini akhirnya dituangkan dalam agenda penandatangan Raperda yang dilakukan oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dan Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH, Wakil Ketua II DPRD Junaidi Haminte, S.Ip didampingi Wakil Bupati Belitung, Sahani Saleh, S.Sos dan Sekretaris DPRD Drs. Kristianto, D.W.

Dalam sambutannya Anggota Pansus yang diwakili Deby Virga Sari, SE, MS dan masing-masing perwakilan fraksi-fraksi yang diwakili Sdr. Taufik Rizani, A.Md dari Fraksi PDIP, Samad, A.Md dari Fraksi PBB, Hasbi perwakilan Fraksi Golkar, Marjaya Rachmad perwakilan Fraksi PPP, Freddy, SE dari Fraksi Bangsa, dan Basri Ibrahim perwakilan Fraksi Amanat Demokrat mengatakan dapat menerima dan menyetujui Raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Belitung Nomor 10 Tahun 2007 tentang Keuangan Desa untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dengan beberapa cacatan penting, diantaranya terkait standar minimal penghasilan Kades, penyusunan anggaran, penetapan penghasilan sesuai Keuangan Daerah dan masukan lainnya.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan bahwa Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 10 Tahun 2007 tentang Keuangan Desa, merupakan 2 (dua) dari 5 (lima) Rancangan Peraturan Daerah yang telah disampaikan kepada Dewan yang terhormat melalui Rapat Paripurna XVII Masa Persidangan III DPRD Kabupaten Belitung Tahun Sidang 2010, yang dilaksanakan pada Tanggal 19 November 2010. dari kelima Rancangan Peraturan Daerah ini, dua diantaranya diprioritaskan untuk segera dibahas, yaitu Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung tentang Pajak Daerah dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Belitung.

Hal ini terkait dengan hak dan kewenangan kabupaten dan kota memungut tiga jenis pajak baru sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, yang salah satu di antaranya harus segera disiapkan perangkat hukumnya karena per tanggal 31 Desember 2010 rekeningnya di pemerintah pusat sudah ditutup.

Selain itu, kita juga harus segera membahas dan menetapkan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Kabupaten Belitung, untuk memberikan kepastian hukum terhadap penyelenggaraan urusan Administrasi Kependudukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Tak lupa diakhir sambutannya Bupati mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pansus Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, Barang Milik Daerah, dan Keuangan Desa beserta seluruh Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung, yang telah bekerja keras melakukan pembahasan sehingga Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Belitung tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 10 Tahun 2007 tentang Keuangan Desa dapat disetujui untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah, dan dalam waktu dakat Rancangan Peraturan Daerah ini akan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah, untuk diketahui dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Turut hadir dalam acara, Para Muspida Jajaran Anggota DPRD sebanyak 19 orang, Sekda Kab. Belitung Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Asisten I Setda Bidang Pemerintahan B.Maiya Hasibuan, SH, para Staf Ahli, para Kadin/Kaban/Kakan/Kabag atau yang mewakili, Para Camat, Kades, organisasi wanita, dan segenap undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung