Jum'at, 8 Juli 2011 00:13

BUPATI BELITUNG SAMPAIKAN RAPERDA PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN APBD TA 2010

Tanjungpandan—Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Belitung tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2010 dihadapan para Anggota DPRD Kabupaten Belitung pada Rapat Paripurna VIII Masa Persidangan II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Belitung Tahun Sidang 2011 yang berlangsung Rabu, 6 Juni 2011 di Ruang Rapat DPRD.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa penyampaian Raperda Kabupaten Belitung tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan (APBD) Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2010 merupakan pelaksanaan ketentuan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Selanjutnya pada Pasal 184 ayat (1) dan (2) undang-undang tersebut dinyatakan bahwa Kepala Daerah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD, berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir. Laporan keuangan tersebut sekurang-kurangnya meliputi laporan realisasi APBD, neraca, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan, yang dilampiri dengan laporan keuangan badan usaha milik daerah.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan Badan Musyawarah ke-VIII DPRD Kabupaten Belitung pada tanggal 24 Juni 2011, maka Rancangan Peraturan Daerah ini akan dibahas oleh Komisi dan Gabungan Komisi pada tanggal 9 sampai dengan tanggal 11 Juli 2011, setelah penyampaian Pemandangan Umum Anggota Dewan pada tanggal 7 Juli 2011 dan Jawaban Eksekutif atas Pemandangan Umum Anggota Dewan. “Kita harapkan seluruh proses pembahasan dapat berjalan dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan, sehingga pada akhirnya kita dapat bersama-sama menyetujui penetapan Rancangan Peraturan Daerah ini menjadi Peraturan Daerah”, harap Bupati diakhir sambutannya.

Penyampaian Raperda ini berlanjut pada pelaksanaan Rapat Paripurna agenda Pemandangan umum oleh anggota DPRD Kabupaten Belitung yang berlangsung pada Kamis, 7 Juli 2011 dan ditindaklanjuti dengan Jawaban Eksekutif yang akan disampaikan Bupati pada Senin, 11 Juli 2011.

Turut hadir dalam acara Para Muspida, Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si, Staf Ahli Setda, Para Kadin/Kakan/Kaban/Kabag atau yang mewakili, segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, Para Kades, Camat, perwakilan Organisasi Wanita, dan segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda