Rabu, 20 Juli 2011 03:56

BPS SOSIALISASIKAN PPLS 2011

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung, Jumat (15/7/2011), melaksanakan Sosialisasi Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) 2011. Sosialisasi berlangsung di Hotel Harlika Tanjungpandan, dibuka oleh Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) sosialisasi, Dwi Widiyanto, S.SI, dalam laporannya mengatakan, sosialisasi diikuti 34 orang peserta, terdiri dari kepala desa, lurah, camat, mitra statistik, tokoh masyarakat, dan dinas instansi yang berhubungan dengan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Belitung.

Hadir sebagai nara sumber antara lain Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung Ir Hermanto, dengan materi sosialisasi “Basis Data Terpadu PPLS 2011 untuk Perencanaan Kesejahteraan Masyarakat Menengah ke Bawah”.

Sedianya, selain Hermanto, akan hadir Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Propinsi Kepuluan Bangka Belitung Satriono, S.SI, MM, menyampaikan materi “Menuju Sistem Basis Data Terpadu untuk Program Perlindungan Sosial”. Namun karena ada tugas mendesak Satriono tak dapat hadir dan tugasnya digantikan oleh Kepala BPS Kabupaten Belitung Heru Pramono, SE.

Menurut Dwi Widiyanto, S.SI, sosialisasi ini diselenggarakan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan PPLS 2011 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Belitung dari tanggal 15 Juli sampai dengan 14 Agustus 2011.

PPLS 2011 bertujuan untuk memperoleh basis data terpadu rumah tangga menengah ke bawah di Indonesia, yaitu rumah tangga dengan kondisi sosial ekonomi terbawah, berdasarkan nama dan alamat. Data ini diharapkan menjadi data tunggal pemerintah dalam merancang program peningkatan kesejahteraan masyarakat menengah ke bawah.

Keterangan sosial ekonomi anggota rumah tangga yang akan ditanyakan meliputi nama, jenis kelamin, umur, status perkawinan, kecacatan, penyakit menahun, kepemilikan tanda pengenal, kehamilan, pendidikan, dan kegiatan ekonomi anggota rumah tangga yang berumur 5 (lima) tahun ke atas.

Sedangkan keterangan rumah tangga yang akan ditanyakan adalah status penguasaan bangunan rumah, luas dan jenis lantai, jenis dinding dan atap, sumber air minum, sumber penerangan, bahan bakar untuk memasak, fasilitas tempat buang air besar, tempat pembuangan akhir tinja, kepemilikan aset, dan kepersertaan dalam program perlindungan sosial.

Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos dalam arahannya meminta agar peserta sosialisasi mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga memahami materi sosialisasi dengan seksama untuk menunjang kelancaran pelaksananaan PPLS 2011 di Kabupaten Belitung. (syafei)
Sumber: BPS Kab. Belitung