Kamis, 28 Juli 2011 09:17

BLK AGROWISATA AKAN DIBANGUN DI KECIPUT

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI akan membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Agrowisata di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Draf final rencana pembangunan telah selesai disusun, Selasa (26/7/2011) dipresentasikan oleh tim kementerian dan konsultan di Ruang Rapat Bupati Belitung.

Selain Kepala Desa Keciput Sukardi, Camat Sijuk Adnizar, SH, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung Drs Sumardi, serta kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, presentasi dihadiri Bupati Belitung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Drs H Zakaria Arifaie.

Sesuai dengan misinya untuk menciptakan tenaga kerja siap pakai terutama di bidang agro dan wisata, BLK Agrowisata Keciput dilengkapi dengan berbagai fasilitas workshop, yakni workshop pengolahan hasil pertanian, workshop perhotelan, dan workshop aneka kejuruan pertukangan, las, otomotif dan motor tempel, kerajinan, dan menjahit.

Selain itu, BLK ini juga memiliki kebun percontohan nanas badau, manggis, durian dan lada, berikut demplot pembibitan komoditas holtikultura dan perkebunan tersebut. Nantinya, kebun percontohan dan demplot pembibitan ini diharapkan dapat menjadi kawasan agrowisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Untuk pembangunan sarana dan prasarana BLK, Pemkab Belitung telah menyiapkan lahan seluas 20 hektar di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk. Sosialisasi telah dilakukan, menurut Camat Sijuk Adnizar, SH dan Kepala Desa Keciput Sukardi, masyarakat Desa Keciput menyambut baik dan mendukung pembangunan BLK ini.

Untuk menunjang operasional BLK, PLN Cabang Tanjungpandan siap memasok listrik sesuai kebutuhan. ”Hanya, sekarang ini, kita terkendala pada tiang jaringan. Sesuai standar PLN harus tiang beton. Stok mereka habis. Inilah yang sedang kita upayakan agar pengadaannya bisa secepatnya,” kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung, Ir H Ubaidillah.

Sementara itu, Dinas PU Kabupaten Belitung akan segera membangun jalan lingkar di kawasan ini. ”Untuk keperluan loading material, jalan ke lokasi yang ada sekarang ini sudah cukup memadai. Nantinya, jalan ini juga akan kita tingkatkan,” jelas staf Dinas PU Kabupaten Belitung, Rian Haryono, ST.

Sesuai dengan komiten Pemerintah Kabupaten Belitung kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, tenaga instruktur BLK disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung untuk dididik selama sembilan di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI.

Terhitung sejak proses pembangunan sarana dan prasarana dalam waktu dekat hingga selesainya penyiapan tenaga instruktur, diperkirakan BLK Agrowisata Keciput akan beroperasi pada tahun 2013. Menurut tim Kementerian Nakertrans, BLK ini merupakan BLK Agrowisata pertama di Indonesia dan diarahkan menjadi BLK bertarap internasional. (syafei)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung