Kamis, 28 Juli 2011 09:26

DUKACAPIL KABUPATEN BELITUNG GELAR SOSIALISASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Tanjungpandan—Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung menggelar Kegiatan Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai upaya untuk menyampaikan informasi pentingnya pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil diberbagai kesempatan dan kegiatan yang ada. Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada Senin, 11 Juli 2011 di Gedung Nasional Tanjungpandan.

Selanjutnya kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mendorong dan menggerakan warga untuk melaporkan setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting serta mengurus atau memelihara dokumen kependudukan, serta memantau kepemilikan dokumen kependudukan warga.

Administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayahgunaan hasilnya untuk publik dan pembangunan sektor lain.

Sementara Bupati dalam sambutannya mengatakan dokumen kependudukan adalah dokumen resmi yang mempunyai kekuatan hukum dan dapat dijadikan alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Oleh karena itu, data penduduk yang diisi haruslah berpedoman pada data sebenarnya dari pemohon. Apalagi akhir-akhir ini acapkali terjadi berbagai kasus pemalsuan identitas karena lemahnya sistem yang terbangun selama ini sehingga bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Oleh karena itu, sekali lagi saya tegaskan kembali tentang betapa pentingnya administrasi kependudukan dan catatan sipil, untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti serta menyimak seluruh rangkaian materi yang disampaikan pada sosialisasi ini hingga pengakhiran”, kata Darmansyah diakhir sambutannya.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung hingga Kamis, 28 Juli 2011 digelar secara berkesinambungan di beberapa Desa/Kecamatan di Kabupaten Belitung.

Penutupan Sosialisasi
“Pengetahuan akan pentingnya administrasi kependudukan ini perlu disebarluaskan kepada masyarakat guna mendukung terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan melalui pemahaman yang benar tentang prosedur pengurusan dokumen kependudukan” ujar Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs Abdul Fatah MSi dalam acara penutupan sosialisasi administrasi kependudukan dan catatan sipil Kab. Belitung bertempat di Gedung Nasional, Kamis 28 Juli 2011.

Bupati menambahkan bahwa harus dipahami benar bahwa pembangunan mesti diawali dengan perencanaan yang matang dan bertitik tolak pada semua pertimbagan dalam segala aspek kehidupan, termasuk hubungan sebab akibatnya. Disinilah pentingnya administrasi kependudukan yang kita pahami sebagai rangkaian kegiatan penataan dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik.

Bupati berharap dengan telah dilaksanakannya sosialisasi ini akan terbentuk pemahaman yang sinergis antara masyarakat, instansi pelaksana, dan instansi terkait terhadap peraturan perundang-undangan penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Turut hadir dalam acara penutpan sosialisasi, Kadin Kependudukan dan Catatan Sipil Dra. Hotmaria Ida, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Belitung, para peserta dan segenap undangan lainnya.
Sumber: Dinas Kependudukan dan Capil Kab. Belitung