Senin, 1 Agustus 2011 08:52

LAUNCHING SAIL WA-BE 2011, SAMBUT BELITUNG JADI WISATA INTERNASIONAL

Tanjungpandan—Event bergengsi Sail Wakatobi Belitong 2011 akhirnya resmi dilaunching di Belitung pada Sabtu malam, 30 Juli 2011 di Kawasan Wisata Pantai Tanjungpendam dengan dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Eko Maulana Ali, Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, Wakil Gubernur Babel H Syamsuddin Basari, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos, Perwakilan DPRD se- Provinsi Babel, Duta Besar Slovakia, Duta Besar Portugal, Duta Besar Iran, Duta Besar Seychelles, Duta Besar Afganistan, Duta Besar Polandia, Duta Besar Bosnia, Wakil Duta Besar Slovakia, Wakil Duta Besar Amerika Serikat, Wakil Duta Besar Palestina, perwakilan dari Provinsi Sulawesi Tenggara, perwakilan dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Babel, segenap pejabat di lingkungan Pemprov Babel, Pemkab Belitung dan Belitung Timur, serta segenap undangan lainnya.

Dalam sambutannya Gubernur Babel menegaskan peluncuran Sail Wa-be 2011 bukan sekedar simbol semata, melainkan sebuah motivasi bagi masyarakat Babel untuk bekerja keras menggerakan pariwisata daerah. Tidak hanya sebagai tujuan wisata nasional, tetapi juga destinasi wisata nasional. Eko berharap kehadiran duta besar (dubes) negara sahabat dapat memberi dukungan bagi Babel sebagai tujuan wisata internasional.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya menyampaikan bahwa Panitia Daerah Kabupaten Belitung pada penyelenggaraan Sail Wakatobi-Belitong Tahun 2011 akan menyelenggarakan 5 (lima) kegiatan utama, yaitu Operasi Bhakti Surya Baskara Jaya, Yacht Rally & Race (Balap dan Reli Kapal Layar), Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari, Seafood and Fish Product Expo (Pameran Produk Perikanan dan Makanan Laut), dan Puncak Acara Sail Wakatobi-Belitong yang akan dilaksanakan di Pantai Tanjung Kelayang pada tanggal 10 Oktober 2011.

Disamping kelima kegiatan utama tersebut, panitia juga akan melaksanakan beberapa kegiatan pendukung, antara lain Olahraga Bahari, Pentas Budaya dan Atraksi Wisata, Kegiatan Cinta Bahari dan Konservasi, dan Olahraga Dirgantara seperti paramotor, aeromodeling, dan demo pesawat swayasa.
”Untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan Sail Wakatobi-Belitong Tahun 2011 di Kabupaten Belitung, kami telah melakukan berbagai persiapan, baik itu koordinasi, promosi, maupun penyiapan infrastruktur pendukung. Langkah-langkah persiapan tersebut akan terus kami tingkatkan, sesuai dengan kebutuhan dan tahapan”, kata Darmansyah.

Sail Wakatobi-Belitong akan dilaksanakan di dua propinsi, yaitu Propinsi Sulawesi Tenggara dan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sementara launching nasional telah dilaksanakan di Kementerian Kelautan Perikanan pada tanggal 7 Juli 2011, disusul launching di Propinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 16 Juli 2011 di Kabupaten Wakatobi. Selain reli kapal layar internasional yang akan singgah di 21 kabupaten dan kota di Indonesia termasuk Kabupaten Belitung, masing-masing Panitia Daerah Sail Wakatobi-Belitong mempunyai kegiatan masing-masing.

Acara launching yang juga turut dihadiri ribuan masyarakat yang ramai memadati kawasan Pantai Tanjung pendam, ditandai dengan pemukulan tambur oleh Gubernur Babel, Bupati Belitung, dan Belitung Timur Basuri T Purnama. Launching dimeriahkan dengan atraksi kembang api, tarian kolosal Sembah Budaya, dan berbagai hiburan menarik lainnya.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung