Selasa, 2 Agustus 2011 09:07

SILATURAHMI GUBERNUR PROVINSI BABEL DI DESA SIMPANG RUSA

Membalong—Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Eko Maulana Ali melakukan Kunjungan Kerja dan Silaturahmi di Kabupaten Belitung, tepatnya di Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong pada Sabtu, 30 Juli 2011. Kegiatan silaturahmi ini mengusung tema “ Dengan masyarakat penerima manfaat program ketahanan pangan serta masyarakat Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong dan Sekitarnya”, dalam rangka memperat jalinan silaturahmi antar sesama, sekaligus sebagai upaya untuk mengkoordinasikan dan melaporkan berbagai kegiatan atau program yang telah, dan akan di laksanakan.

Dalam sambutannya Camat Membalong, Warsito, S.Ag melaporkan bahwa Kecamatan Membalong merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Belitung yang 10 desanya termasuk dalam program Aksi Mandiri Pangan dari jumlah keseluruhan sebanyak 12 desa untuk wilayah Kabupaten Belitung. Selanjutnya untuk program lumbung pangan terdapat di 3 desa di Kabupaten Belitung, 2 desa terdapat di Kecamatan Membalong.

Sementara Ketua Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Salim Ridwanto mengatakan ketahanan pangan merupakan perpanjangan tangan dari Kementrian Pertanian RI melalui Badan Ketahanan Pangan untuk menyampaikan program-program yang telah ditetapkan, sesuai dengan dekosentrasi dan dana bantuan yang harus dilaksanakan melalui program desa mandiri pangan, keanekaragaman ketahanan pangan, dan pengembangan usaha pedesaan. “Harapannya mudah-mudahan program-program ini dapat lebih meningkat lagi dari waktu ke waktu”, kata Salim.

Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein mengawali sambutannya dengan ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Bulan ramadhan bukanlah bulan yang suci, tapi di bulan suci ramadhan ini Allah SWT memberikan peluang bagi kita untuk mensucikan diri dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita.

”Hingga saat ini di Kabupaten Belitung jumlah desa yang mendapatkan bantuan Desa Mandiri Pangan berjumlah 12 (dua belas) desa, diantaranya Desa Simpang Rusa, Desa Gunung Riting, Desa Membalong, Desa Terong, Desa Perawas, Desa Kembiri, Desa Bantan, Desa Lassar, Desa Padang Kandis, Desa Mentigi, Desa Tanjung Rusa dan Pulau Seliu, oleh karenanya saya ucapkan penghargaan yang tinggi kepada desa-desa yang telah terpilih, semoga bantuan yang ada dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya”, kata Bupati.

Desa Simpang Rusa merupakan salah satu desa yang telah mendapatkan bantuan Program Desa Mandiri Pangan (Desa MAPAN) dari Kementrian Pertanian pada tahun 2006 dan meraih penghargaan sebagai juara I (satu) tingkat Propinsi untuk kategori program mandiri pangan tahun 2009, dan kini sudah menjadi desa mapan seperti yang kita harapkan bersama. Apalagi Kecamatan Membalong telah ditetapkan sebagai pusat agropolitan yang diprioritaskan pada bidang pertanian, dan ditunjang pula dengan pengembangan konsep agrowisata untuk sajian pariwisata yang lebih bervariatif.

Gubernur Babel mengajak masyarakat untuk memperkuat jalinan silaturahim antar sesama, karena dengan silaturahmi kita dapat bersatu, dengan bersatu kita menjadi kuat, dan pada akhirnya kita mampu menjalankan tugas-tugas kepemerintahan dengan sebaik-baiknya. Mari perbanyak silaturahim.

Dalam kesempatan ini ada 3 hal yang ingin saya pesankan, diantaranya manfaatkanlah dana bantuan yang telah diberikan agar bermanfaat, gunakanlah petunjuk teknis agar dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, dan apabila terdapat permasalahan agar dapat dimusyawarahkan. ” Mari kita laksanakan kegiatan-kegiatan dengan sebaik-baiknya, saya percaya dengan kedisiplinan, ketaatan dan keridhoan dari Allah SWT dengan meningkatklan iman dan taqwa”, jelas Eko.

Turut hadir dalam acara, perwakilan Muspida, Kadin Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung, Ir Arfani, segenap jajaran di lingkungan Provinsi Babel dan Pemkab Belitung, serta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung