Jum'at, 5 Agustus 2011 09:34

Pertemuan jaringan kerja dengan tim delegasi Baden-Wuerttemberg Jerman

     Jakarta, Christina Ruffert selaku Executive Manager International Business Cooperation Asean, memberikan apresiasi kepada   Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein. Apresiasi ini disampaikannya  dalam sebuah email tertanggal 2 Agustus 2011 atas partisipasi Bupati Belitung pada pertemuan jaringan kerja dengan tim delegasi Baden-Wuerttemberg Jerman di German-Center Bumi Serpong Damai City Tanggal 26 Juli 2011. Christina berharap agar Belitung dapat terus menjaga hubungan dengan beberapa perusahaan Jerman secara berkesinambungan untuk kerjasama yang lebih baik dimasa yang akan datang.

    Merunut ke belakang, pertemuan ini merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil diskusi Bupati Belitung dengan Aldhiana Kusumawati dari Agensi Kerjasama Ekonomi Internasional dan Ilmu Pengetahuan mengenai Misi Dagang Jerman ke Indonesia, Sabtu, 4 Juni 2011 pada Pameran Tasikmalaya-Belitung di Koblenz, Jerman.  Baden Württemberg International GmbH merupakan sebuah organisasi kerjasama internasional di bidang ekonomi dan ilmu pengetahuan yang berlokasi di Stuttgart-Jerman. Delegasi ini dipimpin oleh Kepala Divisi Perdagangan Luar Negeri - Kementerian Keuangan dan Perekonomian Negara Bagian Baden Württemberg, Jerman.

    Misi dagang ini memfasilitasi beberapa perusahaan Jerman di bidang teknik mesin, teknologi lingkungan, energy supplier dan juga jasa (konsultan dan akuntan) untuk menjalin kontak langsung dengan beberapa perusahaan, asosiasi dan stakeholder lain yang berpotensi dan terkait dalam investasi yang dilaksanakan di Indonesia. Selain itu, delegasi ini juga ingin mengetahui lebih banyak tentang potensi ekonomi dan peluang bisnis pada beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, salah satu bagian dari kegiatan misi dagang ini adalah networking meeting yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2011 di German Centre Indonesia, Jakarta, dan dihadiri perwakilan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

     Beberapa diantaranya diberikan kesempatan untuk mempresentasikan potensi ekonomi dan peluang investasi di sektor teknik mesin dan infrastruktur (teknologi lingkungan, energy supplier, transportasi) di daerahnya. Dimaksudkan pada sesi kegiatan ini, delegasi Jerman yang hadir memperoleh gambaran tentang prospek ekonomi beberapa wilayah di Indonesia dan juga mendapatkan kesempatan untuk bertemu stakeholder yang relevan.

    Mengingat, pentingnya kegiatan ini  terhadap peluang dan manfaat besar bagi pengembangan ekonomi dan pembangunan di Indonesia, tak pelak  Bupati Belitung Ir. H.Darmansyah Husein pun turut mempersentasikan potensi dan peluang investasi Kabupaten Belitung. Kesempatan presentasi diberikan kepada Darmansyah setelah presentasi yang dilakukan oleh perwakilan Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan. Dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi dari beberapa wilayah lainnya di Pulau Jawa.

    Dikatakan oleh Darmansyah bahwa Belitung memiliki posisi strategis dan potensial diberbagai sektor, utamanya Pertambangan, Kelautan dan Perikanan, Pariwisata, Kepelabuhan serta sektor-sektor lainnya. Kondisi alamiah dengan beragam SDA yang ada menguatkan Belitung untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus di wilayah tengah Kabupaten Belitung, tepatnya Kawasan Industri Suge. Disamping itu, Belitung juga mengaplikasikan tata ruang khusus untuk kawasan pariwisata, kawasan pertanian dan kawasan Minapolitan/Etalase Kelautan sesuai dengan karakteristik dan potensi kelima wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung.

    “Kehadiran saya pada pertemuan ini adalah salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung untuk mewujudkan misi menarik sebanyak-banyaknya investasi luar ke daerah untuk membuka akses kepada masyarakat dan penciptaan lapangan pekerjaan serta meningkatkan added value sumber daya alam yang dimiliki daerah melalui pengembangan  industri hilir yang mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi dan barang jadi, “tegas Darmansyah di akhir presentasinya.***(zakina)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung