Jum'at, 12 Agustus 2011 08:59

SAFARI RAMADHAN DI DUSUN BATUMANA

Membalong --- Rabu (10/8) giliran Dusun Batumana Desa Lassar Kecamatan Membalong yang dikunjungi oleh Bupati Belitung beserta rombongan dalam rangka Safari Ramadhan. Namun kedatangan Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein kali ini diwakili oleh Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh S.Sos dikarenakan Darmansyah sedang menjalankan ibadah umroh.

Triska Arafad selaku Kepala Desa Lassar, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal mengenai perencanaan ruas pembangunan desa yang sempat disampaikan pada musrembang yang lalu. Dimana Arafad menyampaikan bahwasanya masih adanya beberapa desa yang belum teraliri listrik termasuk Desa Batumana itu sendiri dan Desa Keling. “Saya mendapat informasi bahwa 2 tahun lalu pada Safari Jum’at, Bupati Belitung pernah menyumbangkan Vacuum Cleaner. Namun alat kebersihan tersebut belum sempat terpakai hingga sekarang dikarenakan belum adanya listrik” ujar Arafad. Arafad juga menambahkan “berhubung sebagian masyarakat disini bermata pencaharian sebagai nelayan, mereka membutuhkan tempat tambatan perahu. Ada kiranya pemerintah mempertimbangkan hal ini”. 

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sahani Saleh S.Sos menyampaikan beberapa hal dalam sambutannya, Sahani mengatakan bahwa silaturahmi merupakan hal penting dalam kehidupan terutama dalam pemerintahan. Karena silaturahmi merupakan dasar pemerintah untuk menjalankan pembangunan. Tanpa silaturahmi, pembangunan tentunya tidak akan berjalan dengan lancer. Dan kali ini, kita bersilaturahmi dalam hal keagamaan dalam rangka Safari Ramadhan di Bulan penuh barokah serta rahmat Allah SWT. Sahani berharap, silaturahmi ini dapat membuahkan hasil untuk keimanan kita pada Allah SWT maupun untuk rencana pembangunan desa seperti apa yang diharapkan Kepala Desa tadi.

Sahani juga menghimbau masyarakat desa, agar tanah-tanah jangan dijual sembarangan. Mengingat potensi darat maupun laut Belitung ini sangat kaya, maka kita harus pintar-pintar memanfaatkan sumber potensi yang ada.

Acara Safari Ramadhan semakin terasa khidmat saat Drs Bunyamin Hanafi memberikan tausyiah. Dalam tausyiahnya Bunyamin mengingatkan masyarakat bahwa barang siapa yang dihadirkan Allah SWT pada bulan maghfirah ini tandanya Allah SWT sayang pada kita dan memberi kesempatan untuk kita mengoptimalisasi ibadah kita dan ramadhan kita.

Bunyamin menambahkan, dalam setiap ibadah ramadhan yang kita lakukan ini diharapkan melahirkan 3 hal diantaranya; pertama, dengan ibadah ramadhan ini menambah keyakinan bahwa kita jadikan dunia ini untuk menanam amal soleh kita sebanyak-banyaknya. Tanam dengan iman dan perintah Allah SWT. Karena iman itu tidak dapat diwariskan, dan harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh serta ditanamkan sejak dini. Dalam ramadhan ini keimanan kita diuji pada saat merasakan lapar dan haus. Semakin lapar dan haus maka semakin kuat iman kita jika kita tidak tergoda.

Kedua, ibadah ini diharapakan dapat meningkatkan ketaatan yang sepenuhnya kepada Allah SWT, dalam hal ibadah puasa, shalat dan baca al’quran. Ketiga, diharapkan dapat meningkatkan kesolehan social kita berupa banyak-banyak silaturahmi dan berzakat.

Adapun yang hadir dalam acara safari ramadhan tersebut, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se Kab Belitung, SKPD se Kab Belitung atau yang mewakili, Camat Membalong, Masyarakat Desa Lassar, Masyarakat Dusun Batumana serta para undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung