Kamis, 18 Agustus 2011 09:59

81 NAPI DAPAT REMISI PADA PERINGATAN HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE-66

Tanjungpandan---Sebanyak 81 (napi) narapidana Lembaga Pemasyarakatan Tanjungpandan dapat remisi atau pembebasan tahanan pada Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-66. Masing-masing napi mendapatkan remisi 5 bulan, 4 bulan, 3 bulan, 2 bulan dan 1 bulan.

Dalam laporannya Kepala Lapas Klas IIB Cerucuk Sri Pamudji, Bc.S.IP, M.Si mengatakan, dari lima napi yang mendapat pembebasan, dua orang napi bebas karena potongan masa tahanan (remisi), dua napi habis masa hukuman, dan satu orang bebas bertepatan dengan cuti bersama. “Adupun jumlah tahanan di Lapas Klas IIB Tanjungpandan terdiri dari, 118 orang narapidana, 40 orang tahanan, 6 orang napi tindak pidana korupsi, 29 orang napi kasus narkoba, napi tahanan wanita sebanyak 17 orang, napi tahanan anak-anak 15 0rang”, kata Pamudji.

Sementara Bupati Belitung Ir H Bupati Belitung saat menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Patrialis Akbar menjelaskan bahwa pemberian remisi jangnlah pernah kita artikan sebagai upaya untuk “memanjakan” narapidana, dan juga sebagai upaya yang hanya berpihak pada kepentingan narapidana semata. Namun, marilah kita pahami secara mendalam dari sisi kemanusiaan kita bahwa pada dasarnya pemberian remisi merupakan wujud kepedulian kita untuk menjaga agar narapidana tetap menjadi manusia seutuhnya sehingga mampu meningkatkan kualitas dirinya sebagai hamba Allah SWT.

Dalam sambutannya Menkumham juga menyampaikan upaya-upaya peningkatan program-program yang terus dikembangkan, antara lain; Program Jamkesmas bagi narapidana dan tahanan, program kemitraan dengan dunia usaha dalam rangka Pemberdayaan Narapidana Terampil, dan program-program lainnya yang diselenggarakan melalui kemitraan dengan berbagai unsur masyarakat. Program lainnya yang telah diajukan yakni, penambahann kapasitas hunian Lapas/Rutan.

Bupati juga sempat menyinggung pernyataan Menkumham terkait presepsi tentang larangan peliputan/wawacara di Lapas/Rutan. “Dalam hal ini teman-teman wartawan diperbolehkan untuk meliput asal sesuai dengan regulasi mengacu pada aturan yang ada pada Lapas”, jelas Darmansyah.
Diakhir sambutannya tak lupa Bupati menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaanya kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan tugas pemasyarakatan, kepada seluruh narapidana yang telah membangun kesadaran dan kesabaran dalam menjalani proses pembinaan, dan kepada seluruh jajaran Pemasyaraktan atas dedikasi dalam membangun organisasi yang bermartabat.

“Jangan lupa untuk senantiasa sabar dan dirikanlah sholat sebagai tiang untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT”, pesan Darmansyah kepada para narapidana.

Disela-sela acara berlangsung pula penyerahan Surat Keputusan Menkumham kepada lima napi yang menerima remisi, sekaligus pemberian biaya pemulangan napi yang dinyatakan bebas. Selain itu Bupati juga mendapat kenang-kenangan berupa  hasil seni karya yang di buat salah satu narapida di lapas Klas IIB Tanjungpandan berupa ukiran timbul dari bahan tertentu yang dibingkai dalam kayu dilapisi kaca.

Setelah mengamati hasil karya seni yang diserahkan, Bupati langsung mengintruksikan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Kabupaten Belitung untuk dapat menyediakan stand kepada Lapas Tanjungpandan pada pelaksanaan acara Belitung Expo yang digelar berbarengan dengan Sail Wakatobi Belitong 2011.

Turut hadir dalam acara pemberian remisi di Lapas Cerucuk Tanjungpandan, Wakil Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH, Sekda Belitung Ir H Abdul Fatah, M,Si, Dandim 0414 Belitung, Danlanud Tanjungpandan, Kapolres Belitung, Danpom Tanjungpandan, Danposal Mindanau, Kepala Dinas/Kabag di lingkungan Pemkab Belitung.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung