Selasa, 6 September 2011 22:40

PASCA LIBUR LEBARAN, BUPATI BELITUNG LAKUKAN SIDAK

Tanjungpandan—Dengan berakhirnya libur/cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1432 H yang telah berlangsung kurang lebih sepekan, maka pada Senin, 5 September 2011 para Pegawai Negeri Sipil (PNS) diwajibkan untuk kembali masuk kerja dan beraktifitas seperti sedia kala di kantor.

Guna memantau kedisiplinan para pegawai Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein beserta segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa Satker.

Sidak pertama dilakukan di lingkungan Setda Belitung guna meninjau PNS di setiap bagian setelah libur. Bupati dan rombongan masuk ke ruang kerja Bagian Perekonomian, Bagian Pembangunan, Bagian Hukum, Bagian Organisasi, Bagian Humas, Bagian Keuangan, Bagian Sosial, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Kesra serta Bagian Umum dan perlengkapan. Bersamaan dengan itu, didapati dua orang PNS yang izin di Bagian Kesra dan Umum, serta satu orang PNS yang cuti pada Bagian Hukum. Moment ini juga dimanfaatkan para PNS untuk bersilaturahmi dengan Bupati, Wabup, dan Sekda.

Selain itu Bupati dan rombongan juga melakukan peninjauan pada Badan Kepegawaian Daerah. Dari jumlah pegawai sebanyak 32 pegawai, sebanyak 2 pegawai yang izin dan 1 cuti. Pada Kantor Pendidikan dan Pelatihan, dari jumlah pegawai sebanyak 10 orang, 1 orang tidak masuk karena sakit, dan pada Kantor Satuan Polisi Pamong Praja pegawai dinyatakan lengkap.

Selanjutnya sidak dilanjutkan ke Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika. Pada dinas ini tidak ditemukan pegawai yang mangkir, dari total pegawai sebanyak 35 orang seluruhnya masuk. Berbeda dengan Dinas  Pemuda dan Olahraga dari jumlah pegawai sebanyak 22 orang, 2 orang pegawai sedang cuti.

Pada siang harinya usai jam istirahat sidak dilanjutkan ke Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Masing-masing pegawai di dua satker ini semuanya hadir dan masuk kerja. Berbeda dengan pegawai di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, dari jumlah pegawai sebanyak 39 orang, terdapat 4 orang sedang cuti, 2 orang izin dan 2 orang sakit.

Berdasarkan hasil pantuan Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan ke beberapa satuan kerja (Satker) dipastikan hampir seluruh pegawai masuk pada hari pertama kerja pasca libur lebaran. Jadi secara keseluruhan para PNS di lingkungan Pemkab Belitung masuk pada hari pertama kerja setelah sepekan libur. Dari data yang dihimpun tidak ditemui para PNS yang mangkir atau membolos tanpa keterangan/alasan yang tidak jelas.

Dalam kesempatan ini Bupati mengatakan sejauh pelaksanaan sidak, hasilnya lumayan bagus, karena secara keseluruhan hampir semua pegawai masuk dan bekerja pada hari ini.
“Apabila terdapat PNS yang tidak datang tanpa izin maka akan diberi sanksi, mulai dari teguran sampai dengan peringatan. Namun, belum akan sampai pada tahap pemecatan, kecuali jika PNS tersebut memang terdata sudah lama tidak masuk”, kata Bupati.

Turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si, dan sejumlah pejabat lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung