Rabu, 7 September 2011 18:43

BUPATI BELITUNG TINJAU TANJUNG KELAYANG

Sijuk—Menyambut perhelatan akbar Sail Wakatobi Belitung yang puncaknya akan berlangsung pada 5 s.d 12 Oktober 2011 mendatang. Berbagai persiapan dan sejumlah sarana dan prasarana pendukung terus dimantapkan Pemkab Belitung guna kesuksesan acara yang merupakan bagian dari kegiatan Sail Indonesia 2011, sebagai event Internasional guna menjadikan Belitung sebagai Destinasi Wisata Nasional dan Internasional.

Tidak ketinggalan Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein juga terus berupaya memantau perkembangan persiapan yang telah dilakukan menyongsong pelaksanaan Sail Wa-Be, salah satunya melalui kegiatan peninjauan dan kunjungan Bupati ke kawasan lokasi Pantai Tanjung Kelayang pada Selasa, 6 September 2011.

Dalam kunjungannya, Bupati didampingi Wabup H Sahani Saleh, S.Sos, Sekda Drs H Abdul Fatah, M.Si, para Asisten, Perwakilan Dinas/Instansi terkait dan segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung sempat meninjau beberapa sudut lokasi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan beberapa event pendukung kegiatan, diantaranya dilahan seluas tiga hektar yang direncanakan akan dibangun stand-stand pameran untuk kegiatan Belitung Expo, lokasi pembangunan fasilitas wisata, dermaga yang dibangun menjorok ke tengah laut dan pondok-pondok bekas warung milik penduduk yang sudah dirobohkan dan direlokasikan ke lahan baru pada sudut sebelah kanan dari lokasi arah pintu masuk, dan lokasi pelaksanaan kegiatan catur bawah air yang diharapkan dapat memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Disela-sela peninjauan Bupati mengatakan bahwasanya pembangunan kawasan wisata Tanjung Kelayang tidak akan selesai 100 persen karena batas waktu penyelesaian bangunan sudah terlalu sempit. Bupati menghimbau kontraktor yang mengerjakan pembangunan untuk bekerja ekstra. “Mesti ekstra, siang malam harus dikerjakan”,  kata Darmansyah.

“Pantai Tanjung Kelayang adalah aset wisata daerah yang memiliki potensi berkelas dunia, sehingga pengelolaannya juga tidak bisa setengah-setengah. Aset ini world class, jadi penataannya harus high class”, ungkap Bupati.

Berdasarkan hasil pantauan di lapangan, terdapat satu kapal yachter peserta Sail yang telah berlabuh di laut Pantai Tanjung Kelayang. Menurut informasi dari Ketua YCBAN Raymont T Lesmana, kapal berpenumpang 4 orang dengan nama Lucid Dream merupakan kapal milik Adam, peserta Sail yang telah berlayar dari Darwin, Kupang dan langsung singgah ke perairan Belitung. Saat ini sebanyak 126 kapal yachter yang telah berlabuh di Labuan Bajo.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung