Senin, 19 September 2011 10:14

DUA MENTERI KUNJUNGI BELITUNG, TINJAU PERSIAPAN SAIL WA-BE 2011

Tanjungpandan— Keindahan panorama alam Belitung yang indah dan eksotik membuat Menteri Kelautan dan Perikanan RI Fadel Muhammad dan Menkokesra Agung Laksono kaget dan kepincut saat menginjakan kaki ke bumi Laskar Pelangi, tepatnya saat berkunjung ke Kawasan Pantai Tanjung Kelayang Minggu, 18 September 2011 guna meninjau persiapan Belitung menyongsong pelaksanaan event bergengsi Sail Wakatobi Belitung 2011 yang sedianya akan digelar pada 5 s.d 12 Oktober mendatang. Kedua Menteri sepakat menilai Belitung layak menjadi daerah tujuan wisata bahari.

Kedatangan kedua Menteri beserta rombongan disambut hangat Gubernur Babel Eko Maulana Ali, Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, Bupati Belitung Timur Basuri T Purnama, pejabat Provinsi dan Kabupaten, Danrem 045 Gaya dan unsur Muspida Provinsi dan Kabupaten.

Disela-sela kunjungannya Fadel mengatakan, Belitong sudah siap menjadi tempat untuk wisata bahari sehingga bisa menggerakan wisata bahari yang didukung dua lokasi yakni, Wakatobi dan Belitong. Dengan segala persiapan yang dilakukan pemerintah daerah, kemungkinan besar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan datang ke Belitung pada puncak acara Sail Wa-Be 2011. Beliau juga akan mencanangkan program bersih pantai dan perlombaan bersih pelabuhan-pelabuhan ikan.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, Fadel meninjau Belitung sudah sangat siap, seperti halnya infrastruktur jalan dan lainnya. Ia mengaku puas dengan pengerjaan proyek rute jalan Tanjungpandan-Tanjungtinggi.

Senada dengan Fadel, Agung juga gembira dengan persiapan di lokasi puncak acara. Apalagi podium kepresidenan dirancang menghadap ke arah batu garuda di depan. Ikon batu garuda dinilai cukup unik dan membanggakan. Ia menghimbau Gubernur Babel, Bupati Belitung dan Belitung Timur agar mengelola keindahan pariwisata bahari ini dengan baik lagi.

Sementara Bupati Belitung berharap para stakeholder di daerah senantiasa memberikan dukungan demi percepatan pembangunan di Belitung. Terkait pelaksanaan Sail Wa-Be, kita berharap Belitung benar-benar menjadi tempat puncak acara, dan melalui kegiatan ini mudah-mudahan akan ada peningkatan di bidang pariwisata, perikanan dan kelautan.

Dalam kunjungannya rombongan sempat meninjau beberapa fasilitas yang akan digunakan pada puncak pelaksanaan Sail Wa-Be 2011 dan meninjau Hotel Grand Hatika yang direncanakan akan menjadi tempat bersantai Presiden RI. Acara kunjungan berakhir dengan agenda makan siang bersama di Rumah Dinas Bupati Belitung.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung