Kamis, 22 September 2011 10:31

RSUD KABUPATEN BELITUNG BAKAL BERUBAH JADI BLUD

Tanjungpandan__Pemkab Belitung akan mengubah status Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Belitung menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Wacana perubahan format RSUD ini disampaikan oleh direktur RSUD Ikhwan Gusnadi dalam paparannya dihadapan Wakil Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Dr. Wiryati Husin, para Kabag dan segenap jajaran di lingkungan Pemkab Belitung pada Kamis, (22/9) di Ruang Rapat Bupati, Kantor Setda Kabupaten Belitung.

Perubahan status ini ditujukan untuk meningkatkan mutu layanan publik melalui fleksibilitas pengelolaan keuangan. Seperti dijelaskan Ikhwan, menurut pasal 1 ayat 1 Permendagri No 61 tahun 2007 BLUD merupakan Satuan Kerja Perangkat Daerah atau unit kerja pada SKPD di lingkungan Pemerintah Daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktifitas.

Melalui pembentukan BLUD diharapkan mampu mengatasi berbagai masalah terkait keterbatasan dana operasional, optimalisasi pelayanan kesehatan, keterbatasan dana operasional, kelancaran pendanaan operasional, penilaian kinerja manajemen Rumah Sakit, dan ketergantungan THD subsidi Pemda.

Perubahan status rumah sakit menjadi BLUD pada dasarnya diupayakan untuk menjawab keluhan masyarakat terkait masih rendahnya kualitas pelayanan selama ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan berstatus BLUD, seluruh pengelolaan keuangan termasuk keuntungan, nantinya akan menjadi hak rumah sakit sepenuhnya, sehingga akan berbeda dengan sebelumnya, di mana yang mengatur seluruh pendapatan rumah sakit itu harus lebih dulu masuk ke kas daerah.

Namun masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan ini, karena yang berubah hanya sistem pengelolaannya saja, sedangkan untuk pelayanan akan tetap berjalan seperti sedia kala dan akan terus diupayakan seoptimal mungkin.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung