Jum'at, 23 September 2011 10:09

7 PESERTA IKUTI SELEKSI LOMBA KADARKUM TINGKAT PROVINSI

Tanjungpandan___Pemkab Belitung melalui Bagian Hukum Setda Kabupaten Belitung melakukan seleksi peserta lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Kabupaten yang akan mewakili Kabupaten Belitung berlaga dalam lomba Kadarkum tingkat Provinsi Kepulauan Babel yang akan berlangsung pada 27 Oktober 2011 mendatang di Pangkalpinang dengan diikuti 7 regu masing-masing perwakilan Kabupaten/Kota se-Babel, yakni: Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung, Kabupaten Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

Seleksi peserta berlangsung pada Jum’at, (23/9) sekitar pukul 09.00 WIB di Ruang Rapat Bupati, Kantor Setda Kabupaten Belitung dihadiri Kabag Hukum Setda Achmad Zainal, SH, didampingi Kasubbag Dokumentasi Hukum Sarpin, S.Ip, Kasubbag Perundang-Undangan Imam Fadli, SH, dan Staf Bagian Hukum Solahuddin.

Proses seleksi diikuti sebanyak 7 orang peserta yang telah lolos seleksi tingkat Desa/Kecamatan, masing-masing 4 peserta perwakilan dari Desa Prepat dan 3 orang peserta perwakilan dari Desa Juru Seberang. Para peserta diwajibkan untuk menjawab soal yang telah disiapkan oleh tim penguji dari tingkat Propinsi sebanyak 10 soal khusus dan 10 soal umum dalam bentuk pertanyaan essay.

Dalam sambutannya, Kabag Hukum menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para peserta atas kesediaan dan partisipasi mengikuti kegiatan ini. “Dari 7 peserta yang telah hadir dalam kesempatan ini, kami hanya mengikutsertakan 5 peserta sesuai ketentuan yang telah ditetapkan”, kata Achmad.

Tentunya para peserta sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini, karena seleksi ini betul-betul dilakukan secara objektif, dan harapan kami kepada para peserta yang nantinya terpilih agar dapat memberikan sumbangsih selama mengikuti kegiatan ini, dan untuk yang belum terpilih diharapkan agar tidak kecewa, jadikan hal ini sebagai pengalaman untuk bahan pembelajaran di masa depan.

Dari hasil seleksi sebanyak 3 (tiga) peserta tunggal langsung ditetapkan sebagai kader peserta yang akan maju ke tingkat Provinsi, sedangkan untuk 2 (dua) peserta untuk materi UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dan UU Nomor 23 Tahun 2009 tentang Perlindungan Anak masih menunggu hasil tes yang akan diumumkan pada Senin, (26/9) mendatang.

Ketiga peserta yang berhasil lolos diantaranya, Irwanty perwakilan Desa Juru Seberang untuk materi UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Zainudin dan Setiawan perwakilan Desa Prepat, masing-masing untuk materi UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan UU Nomor 14 tahun 2008 tentang  Keterbukaan Informasi Publik.

Lomba Kadarkum merupakan suatu sarana untuk memilih kelompok Kadarkum yang berprestasi dalam pemahaman hukum dalam rangka memantapkan dan meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Lomba tingkat Provinsi nantinya akan dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahapan, yaitu: tahap Pertama, sesi tanya jawab antar regu, tahap Kedua, pertanyaan bonus, dan tahap Ketiga, pertanyaan rebutan dan kehormatan dari unsur Muspida Provinsi. Para peserta yang berhasil lolos pada lomba Kadarkum tingkat Provinsi berhak mengikuti lomba tingkat Nasional sebagai wakil dari Provinsi Babel.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung