Senin, 26 September 2011 20:56

PEMKAB BELITUNG GELAR UPACARA PERINGATAN HARI PERUMAHAN NASIONAL DAN PERHUBUNGAN NASIONAL 2011

Tanjungpandan---Segenap jajaran PNS di Lingkungan Pemkab Belitung mengikuti rangkaian kegiatan Upacara Bendera yang digelar Senin, (26/9) di Halaman Kantor Bupati Belitung dalam rangka Peringatan Hari Perumahan Nasional yang setiap tahunnya kita peringati pada tanggal 25 Agustus dan Hari Perhubungan Nasional Tahun 20011 yang jatuh pada tanggal 17 September.

Dalam kesempatan ini Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein selaku Komandan Upacara menyampaikan sambutan dari Menteri Negara Perumahan Rakyat Bapak Suarso Manoarfa dan Menteri Perhubungan Bapak Freddy Numberi, yang mana pada peringatan Hari Perumahan Nasional tahun ini mengusung tema, “Dengan Sinergi Pusat, Daerah dan Mitra, Kita Wujudkan Rumah Murah Untuk Rakyat”.

Tema ini sejalan dengan kebijakan yang telah dicanangkan Pemerintah pada Tahun 2011, yaitu peningkatan dan perluasan program prorakyat, yang pelaksanaannya dituangkan melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2011 tentang Tim Koordinasi Peningkatan dan Perluasan Program Prorakyat.

Sementara Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun ini mengambil tema “Melalui Peringatan Hari Perhubungan Nasional, Kita Wujudkan Pelayanan Jasa Transportasi yang Berkualitas Kepada Masyarakat”. Terkait tema yang diusung “Saya minta kepada jajaran perhubungan, agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap seluruh aparat pada unit-unit pelaksana teknis dalam pelaksanaan tugas pengawasan dan pengoperasian pelayanan transportasi, agar sepenuhnya mematuhi aturan yang berlaku”, kata Darmansyah.

Selanjutnya dísela-sela sambutannya Darmansyah juga sempat menyinggung terkait program-program bidang Perhubungan dan Perumahan di Kabupaten Belitung. Terkait masalah sektor perumahan, Bupati menghimbau jajarannya agar program perumahan betul-betul dapat menjadi perhatian kita bersama terutama terkait pembenahan kawasan-kawasan perumahan kumuh. Segala sesuatu yang menjadi hambatan, seperti halnya masalah status lahan kiranya bisa dikoordinasikan dengan Badan Pertanahan Nasional dengan lebih koordinatif. “Saya akan berbicara dengan Menteri Perumahan Rakyat bagaimana selanjutnya kita dapat membuat MOU dan mendapakan bantuan alokasi infrastruktur yang nantinya tidak dibebankan kepada pembeli”, katanya.

Untuk pengembangan pembangunan disektor Perhubungan kita telah memulainya dengan membangun pelabuhan Tanjung Batu yang kini telah menorehkan sejarah baru di Kabupaten Belitung yang mana kapal-kapal besar dapat langsung bersandar di Dermaga pelabuhan. Langkah besar ini harus terus kita optimalkan dengan terus menggalang kerjasama dengan berbagai pihak. Begitu pula dengan pengoptimalan pelayanan yang diberikan.

Saat ini Kabupaten Belitung terus melakukan pembenahan di berbagai bidang, hal ini dapat dilihat dari pembangunan infrastruktur jalan yang sudah bagus sampai ke pelosok desa. Penataan sarana transportasi darat juga menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menjadi perhatian kita bersama. Bagaimana keberadaan angkot dan terminal dapat kita segarkan kembali untuk selanjutnya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Terkait pelaksanaan Sail Wakatobi Belitong 2011 yang akan digelar pada 5 s.d 12 Oktober mendatang, Bupati meminta kepada seluruh jajaran panitia daerah Kabupaten Belitung untuk mematangkan persiapan agar pada saatnya nanti seluruh agenda yang telah dijadwalkan dapat berjalan dengan baik seperti yang kita harapkan.
“Mantapkan koordinasi dengan seluruh pihak, baik Pemerintah Daerah maupun dengan panitia Provinsi dan Nasional serta pihak lain yang berpartisipasi. Ciptakan suatu image yang baik tentang Belitung kepada seluruh tamu-tamu kita. Insyaallah mereka akan menjadi humas-humas dan promotor kita kemanapun mereka berada”, jelas Darmansyah.

Kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Belitung baik didalam maupun luar daerah, Bupati juga menghimbau mari dukung dan sukseskan Sail Wakatobi Belitong 2011.
“Jadilah tuan rumah yang baik, jangan nodai kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan kepentingan pribadi/golongan. Mari kita satukan langkah untuk menjadikan event ini sebagai momentum percepatan kebangkitan pariwisata di Kabupaten Belitung”, pesan Bupati diakhir sambutannya.

Upacara berlangsung tertib, para peserta tampak khidmat mengikuti rangkaian kegiatan upacara. Turut hadir dalam upacara Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH, segenap jajaran Muspida, Para Kadin/Kakan/Kaban/Kabag atau yang mewakili serta segenap PNS di masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Belitung.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung