Senin, 3 Oktober 2011 01:16

BUPATI BELITUNG RESMIKAN PELAYANAN E-KTP

Tanjungpandan__Masyarakat Kabupaten Belitung terhitung mulai Rabu, 28 September 2011 sudah bisa memasukkan datanya untuk diproses menjadi KTP elektronik di beberapa tempat/lokasi berlangsungnya pelayanan e-KTP yang memang telah disediakan Pemkab Belitung di tiap Desa/Kecamatan di Kabupaten Belitung.

“Pembuatan KTP elektronik ini wajib hukumnya bagi semua penduduk/masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan untuk memiliki KTP. Jadi ini bukan sukarela, kita wajib dan harus mengganti KTP konvensional/biasa yang kita miliki menjadi KTP elektronik. Ini memang sudah jadi syarat bagi suatu negara modern”, kata Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya pada acara Launching KTP Elektronik (e-KTP) massal, Rabu (28/9) bertempat di Kantor UPTD TK/SD.

Adapun perbedaan KTP biasa dengan KTP elektronik yaitu, e-KTP ini diproses dengan sistem elektronik/IT, maka pada nantinya penduduk hanya akan memiliki single identity number (identitas tunggal), jadi one man one numbers, one identity number. Data tunggal ini nantinya akan menyebar ke seluruh Indonesia dan berlaku dimanapun kita berada.

Hal ini tentunya bukan hanya sekedar mengganti sistem semata, dengan sistem jaringan/IT, ini akan menjadi suatu pekerjaan yang lebih besar dan kegunaanya lebih luas, seperti halnya kegunaan untuk bidang security dapat berfungsi sebagai media pencegahan terorisme, untuk bidang pengadministrasian dapat memudahkan perencanaan data, seperti halnya untuk penghitungan jumlah penduduk. Dengan adanya single identity number tentunya akan lebih memudahkan pencarian data dan proses perencanaan pembangunan.

“Oleh karena itu hal ini penting untuk kita laksanakan. Saya minta dalam waktu pengerjaan yang hanya 3 bulan ini agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sedapat mungkin hal ini diupayakan agar dapat mencover semuanya”, pesan Bupati.
Diakhir sambutannya Bupati juga menghimbau para Camat dan jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung agar informasi terkait e-KTP ini dapat disebarluaskan dan disosialisasikan ke masyarakat, khususnya masyarakat daerah terpencil.

”Saya akan cek lagi bagaimana nanti kesiapan dan pelaksanaanya, tolong dipantau supaya betul-betul bisa diketahui, sebarkan kepada masyarakat manfaat dan pentingnya e-KTP itu apa. Ini wajib kita laksanakan”, jelas Darmansyah dihadapan para Kadin/Kaban/Kakan/Kabag atau yang mewakili, para Camat dan jajarannya, serta segenap undangan lainnya.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung Dra Hotmaria Ida dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan pelayanan e-KTP ini akan berlangsung selama 92 hari (3bulan) dengan cangkupan jumlah penduduk wajib KTP di Kabupaten Belitung mencapai 111.052 jiwa, jumlah wajib KTP Laki-laki sebanyak 57.110 jiwa, Perempuan 53.942 jiwa tersebar di 5 Kecamatan dengan rincian; Kecamatan Tanjungpandan jumlah wajib KTP mencapai 32.807 jiwa, Kecamatan Membalong mencapai 8.270 jiwa, Kecamatan Selat Nasik jumlah wajib KTP mencapai 2.210 jiwa, Kecamatan Sijuk mencapai 9.331 jiwa, dan Kecamatan Badau mencapai 4.492 jiwa dengan jumlah RT di lima Kecamatan mencapai 843 RT.

Untuk wilayah Tanjungpandan, masyarakat setempat bisa langsung datang ke Kantor UPTD TK/SD (Jl. Laks RE. Martadinata Tanjungpandan) dengan membawa KTP lama dan surat panggilan, bahkan masyarakat yang belum memiliki KTP/KTP hilang sekalipun bisa langsung datang dan tetap akan dilayani secara gratis/tanpa dipungut biaya oleh petugas. Untuk para orang tua usia lanjut yang sebelumnya telah memiliki KTP seumur hidup tetap diwajibkan untuk melapor dan mengganti KTP lama menjadi KTP elektronik.

Acara launching ditandai dengan pemukulan hadrah, disusul dengan pembuatan e-KTP perdana oleh Bupati Belitung, diikuti Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, dan Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH.
Sumber: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung