Rabu, 5 Oktober 2011 09:59

DESA AIR SELUMAR WAKILI KABUPATEN BELITUNG DALAM LOMBA P2WKSS

Tanjungpandan___Desa Air Selumar, Kecamatan Sijuk terpilih sebagai wakil Kabupaten Belitung dalam lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Babel. Penilaian desa pelaksana program terpadu P2WKSS berlangsung pada Selasa, 4 Oktober 2011 di Kantor Kepala Desa Air Selumar.

Program P2WKSS merupakan program yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan peran serta wanita dalam pembangunan sebagai upaya untuk mengembangkan SDM dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Untuk pembangunan masyarakat desa, dalam hal ini wanita sebagai motor penggerak untuk peningkatan peran perempuan dalam pembangunan, hal ini seperti disampaikan Kepala Desa Air Selumar dalam sambutannya.

Terpilihnya desa Air Selumar sebagai juara pertama dan wakil Kabupaten Belitung tentunya berdasakan hasil penilaian yang telah dilaksanakan tim dan didasari dengan berbagai prestasi yang telah diraih, diantaranya prestasi dalam bidang PKK, pada tahun 2011 Desa Air Selumar meraih juara 2 untuk lomba Desa dan pelaksanaan 10 program PKK tingkat Kecamatan, juara 3 untuk lomba perpustakaan desa dan kelurahan Tingkat Provinsi Babel yang diselenggarakan pada Bulan Juli lalu, serta juara pertama lomba P2WKSS tingkat Kabupaten dan Bina Keluarga Balita sehingga berkesempatan untuk mewakili Kabupaten Belitung ke tingkat Provinsi.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Selumar Ernawati dalam laporannya menjelaskan gambaran umum Desa Air Selumar dan program terpadu desa dalam rangka peningkatan peran wanita dalam pembangunan.

”Secara demografis sebelah utara Desa Air Selumar berbatasan dengan Desa Sijuk, sebelah selatan dengan Desa Air Seruk, sebelah barat dengan Desa Keciput dan sebelah timur dengan Desa Kacang Butor. Jumlah penduduk sampai pada bulan September 2011 mencapai ± 2.492 jiwa dengan mata pencaharian sebagai karyawan swasta, PNS, petani, pedagang dan nelayan.

Sementara Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya yang diwakili Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si mengatakan, Pemerintah telah memiliki komitmen yang kuat untuk membangun keluarga yang sehat dan sejahtera, yang dapat menjadi basis pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung komitmen tersebut adalah meningkatkan peranan wanita. Upaya ini penting dilakukan karena kaum wanita memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam membangun keluarga sehat sejahtera. Tidak ada bidang yang tidak melibatkan wanita, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, keagamaan, sampai bidang perkonomian.
”Lomba atau penilaian Desa P2WKSS diselenggarakan untuk memacu semangat kita agar terus berupaya dengan sebaik-baiknya mewujudkan P2WKSS sebagai program terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera”, jelas Sekda
.
Selanjutnya kami persilahkan Tim Penilai untuk melakukan penilaian, sesuai dengan kriteria dan pedomanan yang telah ditetapkan. Kami berharap semoga pembinaan yang telah kami lakukan telah optimal dan hasilnya telah dirasakan oleh masyarakat.

Turut hadir dalam acara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Kadin/Kaban/Kakan/Kabag atau yang mewakili, Para Camat, Kades dan segenap perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung