Kamis, 13 Oktober 2011 10:02

94 PESERTA IKUTI BELITONG EXPO

Sijuk__Kemeriahan menyambut event Sail Wakatobi Belitong yang sedianya telah berlangsung sejak 6 s.d 13 Oktober 2011 juga dimeriahkan dengan kegiatan Pameran Belitong Expo in Conjunction with Seafood & Fish Products Sail Wakatobi-Belitong 2011 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, Sabtu (8/10).

Belitong Expo merupakan salah satu kegiatan utama yang diselenggarakan oleh Panitia Daerah Kabupaten Belitung dengan mengusung tema ”Tingkatkan Potensi Wisata Bahari Nusantara dan Ekonomi Kerakyatan” dengan tujuan untuk meningkatkan pengembangan potensi wisata bahari dan ekonomi kerakyatan.

Dalam sambutannya pada Pembukaan Belitong Expo, Darmansyah berharap dengan adanya kegiatan ini, para pelaku usaha terdorong untuk memanfaatkan potensi dan peluang investasi, sehingga masyarakat sendiri termotivasi untuk mendukung upaya pemerintah mengembangkan sektor unggulan untuk memacu pertumbuhan perekonomian daerah.

Usai meresmikan expo, Bupati dan segenap pejabat di lingkungan Propinsi Babel, Pemkab Belitung dan jajaran pejabat daerah lainnya juga sempat berkeliling dan meninjau beberapa stand pameran.Bupati  juga sempat berbincang dengan para peserta luar daerah yang juga turut meramaikan acara. Tidak ketinggalan para yachters (peserta sail) pun antusias mendatangani stand-stand pameran guna melihat-melihat beberapa produk yang ada, bahkan tak jarang mereka pun asyik berbelanja beberapa produk khas dari masing-masing daerah, baik itu produk kerajinan, makanan, dan souvenir khas yang ditampilkan para peserta expo.

Pameran yang menampilkan berbagai produk dan potensi daerah diikuti sebanyak 94 peserta, termasuk 12 peserta dari kelompok pedagang kaki lima (PKL). Kegiatan ini disambut antusias masyarakat, baik masyarakat setempat maupun masyarakat luar daerah yang setiap harinya ramai mendatangi arena pameran di Kawasan Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk.

”Data yang dihimpun dari Disperindakop dan PM Kabupaten Belitung tercatat rata-rata 15 ribu s/d 20 ribu pengunjung yang datang setiap harinya dengan omset penjualan per hari berkisar antara Rp 150 juta s/d Rp 200 juta”, kata Mz Hendra Caya, M.Si dalam laporannya.

Kegiatan pameran akhirnya ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos pada Kamis malam, (12/10) dengan dihadiri sejumlah pejabat di Lingkungan Pemkab Belitung, dan para peserta pameran.

Dalam sambutannya Sahani mengucapkan ”terima kasih” kepada seluruh peserta, ia berharap semoga pameran ini dapat memberikan manfaat positif bagi pengembangan potensi wisata bahari dan ekonomi kerakyatan.
    
”Kepada peserta dari luar Kabupaten Belitung kami ucapkan ”selamat jalan semoga selamat sampai ke tempat tujuan”, semoga keindahan alam dan keramah tamahan masyarakat membuat Bapak/Ibu terkesan dan pulang membawa kenangan baik yang tidak terlupakan. Mudah-mudahan Belitong Expo dapat kita jadikan even tahunan dan kami berharap Bapak/Ibu dapat kembali bergabung dengan kami di Kabupaten Belitung”, kata Sahani menutup sambutannya.

Meskipun para peserta pameran sempat kecewa dengan batalnya kehadiran Presiden RI ke Belitung, yang rencananya akan meninjau lokasi Belitong Expo, namun hal ini tidak mengurangi semangat para peserta dan antusias pengunjung untuk bertandang ke lokasi pameran, hal ini terbukti dari ramainya pengunjung yang datang setiap harinya sejak kegiatan expo dibuka.

Kekecewaan peserta sempat terobati dengan hadirnya Menteri Kelautan dan Perikanan RI Ir H Fadel Muhammad beserta istri, segenap rombongan DKP RI yang menyempatkan diri berkunjung ke lokasi stand pameran saat meninjau kesiapan pelaksanaan puncak acara Sail Wakatobi Belitong 2011 yang dihadiri Wapres RI Boediono pada Kamis, (13/10).
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung