Kamis, 17 November 2011 01:47

KATA AKHIR FRAKSI TERHADAP RAPERDA DESA DAN KELURAHAN, PEMBENTUKAN ORGANISAS DAN TATA KERJA SEKRETARIAT KORPRI DAN RAPERDA RETRIBUSI DAERAH

Tanjungpandan, Rapat Paripurna ke XIX, masa persidangan ke II DPRD Kabupaten Belitung Tahun 2011 Penyampaian Kata Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Belitung terhadap 2 (dua) Raperda Kabupaten Belitung tentang Desa dan Kelurahan, 1 (satu) Raperda tentang Sekretariat KORPRI dan 4 (empat) Raperda tentang Retribusi Daerah. Sidang pembahasan tentang ke-3 Raperda dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH & Wakil Ketua DPRD Junaidi Haminte, S.IP.

Pada intinya, Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Belitung menyetujui penetapan 2 (dua)  Raperda tentang Pembentukan Kelurahan Kampong Damai dan perubahan status Desa menjadi Kelurahan antara lain:
1.    Kelurahan Paal Satu
2.    Kelurahan Tanjungpendam
3.    Kelurahan Pangkallalang
4.    Kelurahan Lesung Batang

Selain Raperda tentang Desa dan Kelurahan, juga Fraksi-Fraksi di DPRD Kabupaten Belitung menyetujui 1 (satu) Raperda tentang Sekretariat KORPRI dan 4 (empat) Raperda tentang Retribusi Daerah, yang telah disampaikan pada Rapat Paripurna XVI pada Tanggal 25 Oktober 2011.
 
Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Dewan, Fraksi-Fraksi
dan Pansus DPRD yang telah bekerja keras membahas Raperda sehingga dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah.

Dengan terbentuknya Raperda Desa dan Kelurahan menjadi Perda, diharapkan perubahan status Desa menjadi Kelurahan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dan dengan terbentuknya Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI sebagai bagian dari SKPD Pemerintah Kabupaten Belitung, akan mampu meningkatkan optimalisasi fungsi KORPRI. Serta  4 (empat) Raperda tentang Retribusi Daerah menjadi Peraturan Daerah yang mengacu kepada Undang-Undang No. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi daerah, kita harapkan pelaksanaan Retribusi Daerah di Kabupaten Belitung dapat lebih efektif dan efisien.

Turut hadir dalam Rapat Paripurna ke-XIX, antara lain Unsur Muspida, Sekda Kab. Belitung, SKPD se Kab. Belitung, Camat, Kades, Ibu-Ibu Darma Wanita dan para undangan.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung