Senin, 7 November 2011 22:53

SUASANA KHUSYU SHALAT IDUL ADHA BERSAMA BUPATI

Tanjungpandan, Suasana khusyu didapat oleh semua jamaah yang melaksanakan shalat Idul Adha bersama Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein bertempat di halaman Kantor Bupati Belitung, Minggu pagi (6/11).

Dalam sambutannya Bupati Belitung mengulas tentang tingginya angka perceraian di Belitung ini. Bupati mengatakan “meningkatnya angka perceraian di Belitung ini tidak ada hubungannya dengan sektor pariwisata”. Hal ini memang banyak dihubung-hubungkan oleh sebagian masyarakat awam, yang menganggap dengan tingginya perkembangan pariwisata otomatis akan bersanding dengan tempat-tempat hiburan seperti hotel ataupun cafe.

Bupati mengingatkan “Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriah ini harusnya dijadikan moment bagi umat muslim untuk mereflesikan tauladan para nabi, banyak suri tauladan para syuhada dan para nabi yang perlu kita reflesikan kembali, dimana sekarang banyak orang yang cenderung nafsi-nafsi, mari kita koreksi diri kita masing-masing.” Ujar Bupati yang dikutip dari Harian Pagi Pos Belitung edisi Senin, 7 November 2011.

Beliau menambahkan “tantangan dikehidupan masa depan juga akan semakin berat. Beberapa peristiwa faktual seperti krisis ekonomi global harus dipandang sebagai tantangan bagi umat muslim untuk menerapkan semangat berkurban dan saling berbagi. Dengan begitu umat muslim dan masyarakat Indonesia secara luas bisa terhindar dari dampak krisis ekonomi tersebut.”

Pada acara shalat berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hewan kurban Sapi dari Bupati Belitung kepada Mesjid As-Syura Pangkal Lalang ini, yang menjadi Khotib adalah H Fahmi. Sebelumnya dalam kesempatan tersebut H Fahmi juga mengaku khawatir melihat tingginya angka perceraian sejak tiga tahun belakangan di Belitung. Ia mengungkapkan kasus perceraian cenderung meningkat. Pada tahun 2009 terdapat 500 perkara cerai, tahun 2010 sebanyak 700 perkara, dan tahun 2011 diperkirakan bakal mencapai 1000 perkara.

Dalam khutbahnya, Fahmi juga mengingatkan ibadah haji dan kurba sarat dengan nilai-nilai keimanan. Ibadah tersebut juga merupakan napak tilas dari perjuangan Nabi Ibrahim AS yang patut diteladani.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha di halaman kantor Bupati Belitung ini dipimpin Imam H Marsidi Srdji dan Bilal Hurairoh.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung