Jum'at, 4 November 2011 22:55

LADA MASIH POTENSIAL DI BELITUNG

Tanjungpandan, “Sesuai dengan potensi sumber daya alam, tanaman lada merupakan komoditas perkebunan yang potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Belitung” ucap Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Sosial Drs Zakaria A Rifai yang mewakili Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada acara Penyerahan Secara Simbolis Bibit Lada dari Pemerintah Kabupaten Belitung kepada Kelompok Karya Tani Desa Bantan, Kecamatan Membalong, Kamis 03 November 2011.

”Pada saat ini dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk budidaya tanaman lada masih terus di galakan dengan melaksanakan program revitalisasi perkebunan lada. Dimana kita terus mendorong masyarakat kembali berkebun lada, memperluas lahan, menyediakan bibit berkualitas dan pengolahan lada secara profesional sehingga kualitasnya benar-benar layak ekspor” tambah Zakaria.

Kali ini Kelompok Tani Karya Tani Desa Bantan Kecamatan Membalong dipercaya untuk menjadi salah satu pionir untuk menjadi penangkar bibit lada bersama Kelompok Tani Tunas Mekar Jaya Dusun Teluk Dalam Desa Juru Seberang Kecamatan Tanjungpandan dan kelompok Tani Sumber Rejeki Desa Gunung Riting Kecamatan Membalong. Bibit lada yang dihasilkan dimaksudkan untuk pengembangan tanaman lada seluas 65 Ha, dengan rincian Desa Bantan 25 Ha, Desa Juru Seberang 30 Ha, dan Desa Gunung Riting 10 Ha. Dan bibit lada yang dihasilkan kurang ± 130.000 bibit.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung menghimbau “kepada seluruh kelompok tani yang mendapat bantuan agar dapat menjadi mitra pemerintah yang aktif, utamanya dalam menggerakkan partisipasi masyarakat didalam menciptakan ketahanan pangan di Kabupaten Belitung”.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung