Selasa, 1 November 2011 22:57

WORKSHOP PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Tanjungpandan, Selasa (1/11) Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung menyelenggarakan workshop tentang pengelolaan lingkungan hidup. Acara yang akan berlangsung selama tiga hari ini, resmi dibuka langsung oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein yang bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung.

Dalam sambutannya Bupati Belitung mengatakan “tanggung jawab dari lingkungan hidup ini bukanlah hanya tanggung jawab pemerintah semata, melainkan kita semua termasuk masyarakat wajib menjaga lingkungan hidupnya dnegan lebih baik. Manusia dapat membuat siklus lingkungan terputus, contoh kecilnya adalah banyak pohon-pohon ditebang, pemborosan air. Hal seperti ini lah yang membuat siklus lingkungan menjadi tidak normal”. Beliau menambahkan “ tidak usah dengan hal yang besar dulu dalam menunjukan keperdulian terhadap lingkungan ini, dari yang kecil saja dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu bedakanlah antara sampah organic dan non organic”.

Kegiatan Pengelolaan Lingkungan Hidup merupakan salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong dan menciptakan masyarakat khususnya generasi muda yang tanggap dan peduli terhadap lingkungan. Dalam kegiatan ini diharapkan setiap generasi muda, masyarakat ikut terlibat serta dapat menghindari dampak lingkungan yang negatif.

”Masyarakat mempunyai kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Pelaksanaanya dilakukan dengan cara meningkatkan kemandirian, keberdayaan masyarakat, dan kemitraan. Kemampuan dan keberdayaan masyarakat ini adalah pra-syarat untuk menumbuhkan kemampuan masyarakat sebagai pelaku dalam pengelolaan lingkungan hidup, bersama dengan pemerintah dan pelaku pembangunan lainnya. yang kedua, menumbuhkan ketanggapsegeraan masyarakat untuk melakukan pengawasan social” ujar Bupati.

Dalam workshop ini akan diberi materi-materi yang cukup menarik dengan nara sumber Memed Abdul Hamid Helmy A.Mpt dari Kementrian Lingkungan Hidup, Reva Riskiana dari Bidang Pengawasan BLHD Propinsi Kep Babel, Dr Y Aris Purwanto dari PPLH IPB Bogor dengan materinya tentang permasalahan sampah dan lingkungan hidup.

Adapun yang hadir dalam acara, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Hendro Gupito, SKPD se Kabupaten Belitung, Para Pemuka Masyarakat, Pemuka Agama, Karang Taruna, OSIS, Remaja Mesjid, Civitas Akademika dan Organisasi Kepemudaan dalam pengelolaan lingkungan hidup.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung