Jum'at, 9 Desember 2011 10:20

SEKDA BELITUNG RESMIKAN RAKOR FASILITASI PENERAPAN E-KTP

Tanjungpandan---Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Penerapan E-KTP Tahun 2011 yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs H Abdul Fatah, M.Si pada Kamis, 8 Desember 2011 di Gedung Wanita Tanjungpandan.

Dalam laporannya, Kepala Dukcapil, Dra Hotmaria Ida mengatakan, tujuan pelaksanaan Rakor ini untuk menertibkan administrasi kependudukan serta kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan fasilitasi serta pelaksanaan E-KTP berbasis NIK secara nasional di Kabupaten Belitung tahun 2011. Rakor ini diikuti sebanyak 100 orang peserta dari kelompok kerja pelaksanaan E-KTP berbasis NIK dan Pokja dari Kecamatan se-Kabupaten Belitung dengan rincian Pokja Kabupaten 25 orang, Pokja Kecamatan 75 orang.

Sementara Sekda Belitung dalam sambutannya mengatakan, untuk mencapai target yang telah direncanakan, tentunya memerlukan kerjasama dan kerja keras kita bersama agar tujuan Administrasi Kependudukan yang diamanatkan dalam UU Nomor 23 Tahun 2006 dapat terealisasi dengan baik, sekaligus untuk mendukung rencana pembangunan agar lebih efektif dengan ditunjang data kependudukan yang akurat.

Dengan adanya proses administrasi kependudukan yang benar, akan diperoleh data kependudukan yang valid dan terkini bahkan dapat dibuat proyeksi atau perhitungan ilmiah yang didasarkan pada asumsi dari komponen laju pertambahan penduduk melalui kelahiran, kematian dan perpindahan. Hal ini tentunya akan memudahkan kita melakukan proses administrasi kependudukan didukung dengan adanya dokumen kependudukan yang valid untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, dan mempermudah akses pelayanan di Kabupaten Belitung.

“Saya harapkan kepada Saudara-saudara selaku aparatur Pemerintah Daerah yang tugasnya berkaitan langsung dengan pelayanan E-KTP, kiranya dapat memanfaatkan pertemuan yang berharga ini secara seksama dan penuh kesungguhan karena peran serta Saudara sekalian sangat penting agar target pada Maret 2012 (± 4 bulan) dapat segera dituntaskan untuk mensuskseskan keberhasilan penerapan KTP Elektronik, khususnya untuk Kecamatan Tanjungpandan yang capaian masih mencapai 32 % agar dapat segera diselesaikan”, kata Sekda.

Turut hadir dalam acara, nara sumber dari Direktorat Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Kementerian Dalam Negeri Edi Basuki, Konsorsium Percetakan Negara Republik Indonesia Suryadi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala SKPD, para Camat, Kades atau yang mewakili

Tabel Kondisi Pelayanan E-KTP di Kabupaten Belitung Tahun 2011
(hingga saat ini)


Sumber: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung